Sukses

Parenting

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Anak untuk Merayakan Ramadan Selama Karantina

Fimela.com, Jakarta Tahun ini sebagian besar orang tua tidak hanya bergulat dengan tantangan yang sangat nyata dan luar biasa untuk menjaga anak-anak agat tetap aman dan terhibur saat semua dalam isolasi diri. Tetapi para orang tua tentunya mencari cara untuk membuat Ramadan istimewa tanpa adanya acara buka bersama besar dan beberapa kegiatan laiannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua kepada anak untuk menjadikan Ramadan istimewa bagi anak-anak di masa pandemi ini.

Membuat Kegiatan Sehari-hari

Membantu anak-anak merasakan semangat Ramadan, dengan menciptakan rutinitas baru untuk mereka sehingga mereka tidak jauh dari pengalaman Ramadan. Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari untuk anak yang menyenangkan. Diskusikan dengan anak tentang kegiatan yang hendak dilakukan, tanyakan kegiatan favoritnya yang bisa dilakukan selama seharian di rumah. Tentunya pilih kegiatan yang bermanfaat dan mendidik.

Doa Berjamaah

Kita mungkin dihimbau untuk melakukan ibadah shalat di rumah. Ini adalah saat yang tepat untuk mengatur rumah sendiri agar dapat melakukan shalat berjamaah setiap hari bersama anak-anak di rumah. Untuk anak balita mungkin akan terlalu sulit tetapi membangun rutinitas dapat dibuat dengan menyenangkan jika dilakukan dengan benar. Cobalah untuk memberi anak-anak tugas untuk menggelar sajadah ketika hendak shalat, melakukan adzan dan melakukan doa setelah shalat. Untuk anak yang lebih besar, membuat diskusi singkat atau pengingat Islam adalah cara yang baik untuk membangun pengetahuan serta menciptakan lingkungan yang ramah untuk mengajukan pertanyaan.

Buka Bersama Virtual

Iftar atau buka bersama virtual adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan teman dan keluarga lain, menjadikannya lebih istimewa jika Mom membuat beberapa kegiatan untuk menyertainya. Misalnya kakek dan nenek dapat membaca buku untuk cucu mereka atau keluarga dapat memainkan permainan tebak-tebakan. Anak-anak yang lebih kecil dapat memamerkan boneka untuk teman-teman mereka. Hanya karena kita tidak dapat buka bersama dengan keluarga lainnya, bukan berarti kita tidak dapat terhubung dengan mereka.

Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran adalah cara untuk menumbuhkan hubungan yang baik dengan kitab suci dan kepercayaan. Cobalah duduk dalam lingkaran dan mintalah anak-anak untuk mengikuti orang tua membaca Al-Quran. Membuat anak-anak menjadi peserta yang aktif dan bukan hanya oleh orang lain akan membantu mereka belajar dan merasa dihargai.

Buatlah Ramadan dalam masa isolasi ini tetap menyenangkan bagi anak-anak. Pastinya setiap keluarga memiliki cara sendiri untuk membuat anak tetap bahagia ketika menjalankan Ramadan di tengah pandemi seperti ini.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Rekomendasi Olahraga Bersama Bayi dan Anak Saat Pandemi Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Beri Kenyamanan Maksimal, Berikut Cara Tepat Memilih Cairan Pewangi Pakaian untuk Bayi