Sukses

Parenting

3 Jenis Lagu untuk Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Fimela.com, Jakarta Kecerdasan bukan hanya didapatkan dari giat belajar, melainkan ada banyak faktor lain yang membuat seseorang menjadi pintar. Mendengarkan musik sejak kecil pun dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Sementara itu, membesarkan anak dalam lingkungan musik yang kreatif masih dapat membantu mereka menjadi orang yang lebih baik ketika mereka belajar dan berinteraksi dengan orang lain.

Ada beberapa jenis musik yang bisa diberikan kepada anak sejak bayi, apa saja? Berikut rekomendasinya yang dirangkum Fimela, Jumat (15/5/2020).

1. Musik Klasik

Psikologi klinis bidang Cognitive Behavioral Therapy, Dr. Emma Gray, dari The British CBT & Counselling Service, London, melakukan sebuah penelitian terhadap siswa yang mendengarkan genre musik klasik dengan pengaruh kinerja otak.

Penelitian ini menemukan bahwa musik klasik yang didengarkan dalam sesi belajar, mampu merangsang dan meningkatkan konsentrasi juga kecerdasan otak terhadap materi yang diterima.

Penelitian selanjutnya menemukan bahwa musik klasik meningkatkan kinerja anak-anak prasekolah dalam tugas melipat kertas dan memotong.

2. Lagu pengantar tidur

Lagu pengantar tidur seperi Nina Bobo ternyata juga dapat membantu perkembangan bayi terutama bayi prematur. Sebuah studi berjudul The Effects of Music Therapy pada Vital Signs, Feeding, dan Sleep in Premature Bayi baru-baru ini menemukan efek positif untuk menyanyikan lagu pengantar tidur dan memainkan suara rahim yang disimulasikan. Temuan ini adalah peningkatan kadar oksigen darah, perilaku mengisap, dan penurunan stres seperti yang dirasakan oleh orangtua.

3. Lagu anak

Dilansir dari Sehatq, lagu anak-anak bukan sekedar lagu yang dinyanyikan oleh anak-anak. Orangtua pun sebaiknya memperhatikan lirik maupun kisah yang ada dalam lagu tersebut karena anak akan sangat terpengaruh pada aspek ini.

Lagu anak seperti kepala, pundak, lutut kaki mengajarkan anak untuk mengenali anggota tubuhnya, yakni kepala, pundak, lutut, kaki, mata, telinga, mulut, dan hidung.

Atau If you’re happy, lagu anak-anak ini juga bernada ceria dan mengajarkan anak untuk mengekspresikan perasaannya sendiri. Lagu ini juga ada dalam bahasa Indonesia dengan judul ‘Kalau Kau Suka Hati’.

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading