Sukses

Parenting

Pentingnya Menstimulasi Motorik Anak dengan Camilan Bernutrisi

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan ke-6, sistem saraf dan kontrol otot si kecil semakin berembang dan selaras. Kemampuan geraknya pun berubah, dari yang cepan dan spontan menjadi lebih halus dan terkontrol. Seiring bertambahnya usia, sang buah hati akan mengalami peningkatan kemampuan keterampilan motorik kasar dan halus. 

Pengembangan motorik kasar akan melibatkan koordinasi otot besar untuk beragam aktivitas. Kemampuan motorik kasar ini akan memungkinkan anak bisa duduk, berdiri, berjalan, berlari, menjaga keseimbangan, atau mengubah posisinya. 

Sementara, keterampilan motorik halus melibatkan koordinasi otot-otot yang lebih kecil. Seperti tangan, jari-jari, dan pergelangan tangan. Kemampuan motorik halus berguna saat anak hendak makan, menggambar, bermain, mengambil mainan, atau barang-barang kecil. 

Menurut Head of Medical KALBE Nutritionals dr. Muliaman Mansyur, di tahun pertama anak-anak akan ditandai dengan perkembangan kemampuan motoriknya, dimulai pada bulan keempat. 

"Dimulai dari bulan ke-4, Si Kecil sudah memiliki kontrol otot yang memadai untuk memutar kepalanya dan mengikuti gerakan sebuah obyek. Kemampuannya akan terus bertambah dari bulan ke bulan, sehingga di tahun pertama, umumnya dia akan mulai mampu untuk seimbang, duduk, merangkak dan akhirnya berdiri. Kemampuan motorik halusnya juga berkembang dari menyentuh obyek secara acak, hingga mampu menggenggam dengan sempurna. Bunda dapat melatih motorik Si Kecil, sekaligus juga memberikan nutrisi yang tepat kepada Si Kecil melalui makanan atau camilannya, sehingga Si Kecil bisa belajar menggenggam dan menjimpit camilannya, sambil makan makanan bernutrisi tersebut ," paparnya.

Menstimulasi Motorik Anak dengan Camilan

Selain memberikan permainan yang mampu merangsang perkembangan motorik anak, Sahabat Fimela juga bisa memberikan camilan si kecil yang mampu melatih motorik halus sang buah hati. 

Untuk membantu sang buah hati melatih sistem motoriknya, Milna menghadirkan Milna Nature Puffs Organic dengan ukuran yang pas untuk digenggam sang buah hati. Camilan sehat ini juga berbahan organik yang secara khusus dirancang untuk menstimulasi sensor motorik si kecil. 

Berbentuk hati yang mungil, Milna Nature Puffs Organic merupakan finger food yang dapat mendukung koordinasi antara mata dan tangan si kecil. 

"Pemberian makanan kecil yang sesuai dengan tangan Si Kecil, atau dikenal dengan finger foodadalah cara yang dianjurkan untuk mendukung koordinasi antara mata dan tangan Si Kecil,mengembangkan kemampuan menjepit dan mencengkeram, serta keterampilan mengunyah.Pemberian finger food merupakan stimulasi yang tepat untuk merangsang pertumbuhan danmengaktifkan panca indra dan kemampuan motorik halus Si Kecil," papar Muliaman. 

Sebaiknya, Sahabat Fimela memberikan stimulasi indra peraba ini setiap ada ada kesempatan berinteraksi dengan si kecil. Misalnya, ketika momen makan besar, bermain, bahkan saat makan camilan. Stimulasi yang dilakukan terus-menerus juga dapat mendukung pertumbuhan si keci, mengasah kecerdasan, membantu menguatkan koneksi serabut otak, dan mendukung fungsi otak yang optimal. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut Ini

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengintip Pola Asuh Anak Berdasarkan Zodiak Sang Ibu
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Merayu Anak Makan Sayur dan Buah