Sukses

Parenting

Cara Membuat Anak Merasa Aman di Tengah Pandemi

Fimela.com, Jakarta Di tahun 2020 ini, kita telah mengalami banyak hal, mulai dari pandemi hingga kasus pembunuhan yang rasis. Sangat wajar bagi anak untuk merasakan ketakutan dan kecemasan berlebihan di masa-masa yang tidak pasti seperti sekarang.

Pertanyaan pentingnya adalah bagaimana membuat anak merasa aman di tengah situasi seperti sekarang. Dilansir dari huffpost.com, Kamis (11/6/2020), berikut ini adalah beberapa cara memastikan anak merasa aman di tengah pandemi dan situasi yang tidak kondusif.

1. Membatasi paparan berita

Minimalisir waktu anak untuk menonton atau mendengarkan berita. Anak belum memiliki kedewasaan emosional untuk memahami apa yang mereka lihat dan ini bisa memicu munculnya perilaku agresif.

 

2. Jangan takut untuk mengatasinya

Sangat penting untuk bicara pada anak tentang apa yang mereka lihat dan dengar, agar mereka tidak mengambil kesimpulan sendiri yang jelas tidak akurat. Orangtua harus mengetahui kepekaan anak dan menyajikan isu-isu terkini dalam cara yang mendidik dan membantu.

3. Mendorong anak menjadi pribadi yang tegar

Cara lain untuk membuat anak merasa aman dengan situasi yang sekarang terjadi adalah dengan mendorong mereka menjadi pribadi yang tegar. Mereka harus bisa mengenali situasi yang salah dan mengambil tindakan tentangnya.

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Agar Anak Tak Membenci Orangtua Ketika Bercerai
Artikel Selanjutnya
Adaptasi dengan E-Learning, Cara Belajar Baru Saat New Normal