Sukses

Parenting

4 Tips Membantu Anak untuk Tumbuh Lebih Cerdas

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin buah hatinya tumbuh sehat dan cerdas. Tentu saja untuk mewujudkan keinginan tersebut setiap orangtua harus melakukan berbagai upaya. Orangtua perlu berperan aktif dalam membantu tumbuh kembang anak bisa lebih optimal.

Pastinya ada banyak cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak tumbuh lebih cerdas. Berbagai macam pola pengasuhan dan pendidikan bisa dipilih. Melansir lifehack.org, ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu anak tumbuh lebih cerdas. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Ajak Anak Aktif Melakukan Olahraga

Tahukah bahwa setelah berolahraga, seseorang bisa kata-kata atau kosakata baru 20% lebih cepat? Selain baik untuk kesehatan tubuh, berolahraga juga dapat memberi dampak positif pada cara berkomunikasi anak. Bila anak sudah bersekolah, kita bisa mengikutsertakannya pada kursus atau les olahraga tertentu. Tentu saja sesuaikan pula dengan minat dan kemauan anak.

2. Membaca Bersama

Bukan sekadar membacakan cerita biasa, melainkan membaca bersama. Ajak untuk membaca sebuah buku bersama-sama. Membahas cerita dan mendiskusikan karakter-karakter dalam cerita. Anak-anak akan memiliki kemampuan menyerap bahasa tulis dan  bahasa lisan dengan lebih baik melalui kegiatan membaca bersama ini. Sampaikan pesan moral dari setiap cerita yang dibacakan agar bisa teraplikasi dalam kehidupan nyata anak-anak.

3. Atur Jadwal Anak Mendapat Tidur yang Cukup

Tidur memiliki banyak manfaat untuk perkembangan otak. Mendapatkan tidur yang cukup sama pentingnya dengan memiliki pola makan sehat dan olahraga teratur. Tidur yang cukup dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan yang sangat penting dan dibutuhkan dalam aktivitas belajar. Sebisa mungkin atur jadwal tidur anak dan bantu anak mendapatkan jam tidur yang cukup setiap harinya.

4. Sertakan Anak Mengikuti Kursus Musik

Belajar musik bisa bantu meningkatkan IQ. Selain itu, banyak penelitian yang menunjukkan dampak positif dari musik dan kesehatan mental. Bila anak punya ketertarikan belajar musik, coba untuk sertakan mereka mengikuti kursus musik. Setidaknya dengan belajar musik, anak bisa menemukan rasa senang mempelajari sesuatu.

Empat tips di atas hanya sebagian kecil upaya yang bisa dilakukan anak untuk mendidik anak agar lebih cerdas. Semoga infonya bermanfaat, ya. Sebagai orangtua kita pun perlu senantiasa belajar dan membekali diri dengan ilmu dan wawasan baru dalam pengasuhan anak.

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Baik Pelukan pada Anak, Cegah Tantrum hingga Obati Luka
Artikel Selanjutnya
Cara Memahami Karakter Anak dengan Mudah Menurut Psikolog