Sukses

Parenting

4 Tips Bangun Kepercayaan Diri pada Anak

Fimela.com, Jakarta Rasa percaya diri yang kuat adalah salah satu fondasi terpenting yang dapat dikembangkan pada anak. Kepercayaan diri juga menjadi salah satu kunci kesehatan anak baik secara sosial, mental, perilaku dan emosional. Ini juga memainkan peran penting bagi mereka untuk menghadapi tekanan dan tantangan lain dalam hidup. Percaya diri adalah kemampuan anak untuk melihat dirinya, memikirkan dirinya sendiri dan kemampuannya unutk melakukan sesuatu. Kepercayaan diri dibangun dari seberapa besar ia merasa dicintai dan seberapa banyak dukungan serta dorongan dari orang terdekat seperti orang tuanya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun kepercayaan diri pada anak.

Tunjukkan Cinta Kepada Anak

Menunjukkan seberapa besar cinta orang tua kepada anak, akan memberikan rasa aman pada diri anak itu sendiri. Ketika dia tumbuh, dia akan terus membangun lingkaran sosial dengan menjalin pertemanan yang baik. Cinta orang tua kepada anak akan menjadi dasar bagi hubungan yang sehat dan kuat yang akan ia bentuk di kemudian hari dalam hidupnya. Jadi cobalah untuk sering memeluk si kecil dan tunjukkan rasa cinta Mom kepada si kecil.

Berikan Tanggung Jawab

Bertanggung jawa untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan usia, akan memberi anak tujuan dan prestasi. Bahkan jika mereka tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna, beri tahu mereka bahwa Mom menghargai upaya yang mereka lakukan dan pujilah dia untuk semua hal yang dilakukannya dengan baik. Yakinkan kepada anak bahwa dari waktu ke waktu dia akan menjadi lebih baik dalam banyak hal termasuk pekerjaannya.

Biarkan Anak Mandiri

Ketika anak mulai memasuki bangku sekolah, ini adalah masa kemandirian yang tumbuh dengan cepat pada anak-anak. Sangat penting bagi pada orang tua untuk membiarkan anak-anak semakin mandiri, membiarkan mereka memikirkan cara mereka berbicara dengan guru tentang masalah mereka sendiri, mengatur tugas pekerjaan rumah, memastikan seragam mereka siap untuk esok hari dan sebagainya.

Jangan Merendahkan Anak

Ketika anak melakukan sesuatu yang membuat Mom merasa kuwalahan, pastikan untuk membedakan perilaku anak. Jika anak membuat kesalahan yang membuat orang tua merasa kesal, cobalah untuk berbicara dengan anak dengan pelan dan tenang. Jangan berteriak, mengeluarkan emosi yang berlebihan ketika mendisiplinkan anak dan berbicara kepada anak dengan nada yang menyenangkan dan ramah.

Membangun kepercayaan diri pada anak memang memerlukan waktu dan usaha. Berikan kasih sayang kepada anak, karena ini adalah salah satu faktor yang dapat memengaruhi kepercayaan diri dari anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading