Sukses

Parenting

Jenis Sayuran untuk Memperlancar ASI

Fimela.com, Jakarta Beberapa ibu yang sedang menyusui, terkadang memiliki masalah saat menyusui. Seperti ASI yang kurang lancar. ASI yang tidak lancar bisa membuat seorang ibu sedih, kecewa, stres dan memberikan susu formula pada bayi.

ASI yang kurang lancar, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Seperti penggunaan obat-obatan tertentu, tubuh terlalu letih dan kurangnya asupan nutrisi pada ibu. Selain menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat, seorang ibu yang sedang menyusui harus mengoncumsi sayuran, agar ASI tetap lancar.

Berikut jenis sayuran yang baik dikonsumsi, untuk membantu memperlancar ASI, dirangkum dari berbagai sumber:

 

Wortel

Jenis sayur untuk memperlancar ASI yaitu wortel. Wortel memiliki kandungan enzim phytoestrogens, yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Wortel juga memiliki kandungan vitamin A, yang bisa membantu meningkatkan kualitas ASI, serta menyehatkan dan menutrisi ibu menyusui.

Seorang ibu yang menyusui sangat dianjurkan mengonsumsi wortel. Wortel bisa diolah menjadi jus atau menjadi menu makan, sehingga sangat praktis dikonsumsi tiap hari.

Asparagus

Aspargus sangat baik dikonsumsi ibu yang sedang menyusui. Karena asparagus memiliki kandungan vitamin A dan vitamin K, yang baik untuk meningkatkan produksi ASI. Asparagus juga memiliki kandungan vitamin C, yang baik untuk membantu meningkatkan produksi sel imun tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan ibu yang sedang menyusui.

Biasanya ibu yang sedang menyusui sering merasa kelelahan dan anemia, sehingga menyebabkan produksi ASI kurang lancar. Maka konsumsilah asparagus untuk membantu mencegah terjadinya anemia,

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Kandungan yang terdapat di dalam sayur bayam, bisa membantu melancarkan produksi ASI. Bayam memiliki kandungan yang kaya akan zat besi, yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, dan mempercepat pemulihan setelah melahirkan.

Sayur bayam juga memiliki kandungan antioksidan, yang bisa membantu mencegah radikal bebas di dalam tubuh ibu menyusui, sehingga membuat ibu tetap sehat.

Daun Kelor

Jenis sayuran yang selanjutnya, yaitu daun kelor yang baik dikonsumsi ibu menyusui, karena bisa membantu memperlancar produksi ASI. Daun kelor dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan ibu saat menyusui, karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan mineral.

Daun kelor juga memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah anemia yang sering menyerang ibu menyusui.

Pare

Jenis sayuran yang terakhir yaitu pare. Walaupun sayuran jenis pare memiliki rasa yang pahit, tetapi pare sangat membantu untuk memperlancar produksi ASI. Pare memiliki kandungan folat, dan memiliki kandungan fitonutrien, yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

Pare juga memiliki kandungan vitamin K, likopen, fitokimia liutein dan kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan ibu menyusui.

Selamat mencoba.

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Musik bagi Kehidupan Anak, Lebih dari Sekadar Hiburan
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Kecerdasan Emosional Anak