Sukses

Parenting

Memahami Dominasi Tangan yang Digunakan Si Kecil yang Perlu Orang Tua Ketahui

Fimela.com, Jakarta Mayoritas anak-anak akan mengembangkan preferensi untuk menggunakan satu tangan untuk melakukan sesuatu. Mereka akan memiliki kecenderungan untuk menggunakan salah satu tangan baik tangan kiri atau kanan. Beberapa bahkan mungkin dapat menggunakan keduanya untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Ini dikenal sebagai ambidextrous atau tangan campuran.

Hand dominance adalah preferensi untuk menggunakan satu tangan di atas yang lain untuk melakukan tugas motorik halus dan kasar. Ini termasuk kegiatan seperti menulis, memotong, dan menangkap. Tangan yang dominan sebenarnya bukan keputusan sadar yang dibuat anak-anak. Genetik dan otak individu memainkan peran di mana akan menjadi tangan yang dominan. Berikut ini adalah tangan dominan yang mungkin dimiliki oleh anak.

Tangan Kanan

Orang yang lebih suka menggunakan tangan kanan untuk sebagian besar tugas, mayoritas mereka tidak kidal. Mereka juga menggunakan alat umum dengan baik seperti menggunakan gunting, pembuka kaleng, menulis dan lainnya.

Kidal

Orang kidal mungkin menemukan tugas-tugas tertentu yang menantang karena alat yang digunakan dirancang untuk mayoritas tangan kanan. Mereka bisa melakukan kegiatan dengan menggunakan tangan kiri misalnya seperti menulis menggunakan tangan kiri atau memotong.

Campuran

Ini juga disebut cross-cominance, beberapa orang lebih suka menggunakan tangan kanan atau kiri untuk satu tugas dan sebaliknya untuk tugas lainnya. Sebagai contoh, seorang anak yang memiliki dominan tangan campuran mungkin bisa melakukan kegiatan dengan bersamaan misalnya seperti anak menulis menggunakan tangan kanan dan mereka memiliki kekuatan untuk melempar bola menggunakan tangan kiri.

Ambidextrous

Hanya sekitar 1% dari populasi yang dapat menggunakan keterampilan ini. Ambidextrous yaitu seseorang yang dapat melakukan dua pekerjaan dengan menggunakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan. Kedua tangan mereka memiliki keterampilan dan kekuatan yang sama.

Meskipun dominasi tangan berarti, tugas dapat dilakukan lebih efisien oleh tangan dominan. Tetapi tangan yang tidak menjadi dominan juga memainkan peran penting dalam menyelesaikan tugas.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Membangun Kebisaan Digital yang Aman dengan Internet dalam Keluarga
Artikel Selanjutnya
Perkembangan Menggenggam pada Anak Sesuai dengan Usia Anak