Sukses

Parenting

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak Agar Fokus Belajar di Rumah

Fimela.com, Jakarta Di era normal baru, pemerintah Indonesia telah menerapkan aturan dimana sebagian besar kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring dari rumah masing-masing. Hal ini dilakukan agar anak dan guru dapat melakukan social distancing dan mencegah penularan virus Corona

Meski anak-anak belajar di rumah, namun orangtua juga tetap harus mengawasi dan mendampingi anak selama belajar secara daring. Bukan hanya itu saja, mental dan kesehatan anak juga harus diperhatikan, termasuk tingkat kognisi anak yang dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya hidrasi sehat atau terpenuhinya kebutuhan air minum

 

Menurut pakar hidrasi Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), M.P.H., dehidrasi atau kekurangan cairan akan membuat anak kehilangan daya konsentrasinya sehingga dapat mengganggu proses pembelajaran di rumah. Lantas, berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh anak-anak? 

Kebutuhan Air Anak-anak

Bernie mengatakan anak usia 4-6 tahun membutuhkan kura lebih 6 gelas (1,2 L) air minum setiap hari. Sementara anak usia 7-12 membutuhkan 7 gelas (1,5 L) per hari. 

“Anak usia 4-6 tahun membutuhkan kurang lebih 6 gelas (1.2L) air minum setiap hari, sementara anak usia 7-12 tahun membutuhkan kurang lebih 7gelas (1.5L) per hari,” ujarnya.

Bukan hanya sekadar memenuhi kadar kebutuhan air pada tubuh, anak-anak juga perlu mengonsumsi air yang berkualitas. Yaitu air yang tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, dan tidak mengandung zat berbahaya dan mengandung mineral, seperti zinc, magnesium, natrium, dan selenium. Mineral ini akan membantu memaksimalkan fungsi organ tubuh. 

 

Untuk itu, Danone-AQUA ikut berpartisipasi membantu orangtua menerapkan kebiasaan mengonsumsi air mineral bersama anak. Agar anak-anak merasa senang dan tergerak untuk minum banyak air, AQUA menghadirkan karakter-karakter lucu pada kemasan botol AQUA Kids. 

"Karakter-karakter yang lucu dan menarik pada AQUA Kids dapat membantu supaya minum air menjadi menyenangkan bagi anak. Dengan menyediakan botol AQUA Kids untuk mendampingi aktivitas anak, kami berharap dapat membantu orangtua mengajak anak mereka minum cukup air dan memulai kebiasaan baik,” ujar Brand Director Danone-AQUA, Intan Ayu Kartika.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Mudah Mengatasi Perubahan Pola Tidur pada Anak Usia 4 Bulan
Artikel Selanjutnya
Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anak Agar dapat Belajar di Rumah dengan Gembira