Sukses

Lifestyle

Lebih Sehat, 5 Cara Minum Air Putih untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena sebagian besar kandungan tubuh kita adalah air, maka penting untuk memastikan kandungan air di dalam tubuh terjaga dengan baik. Maka dari itu minum air putih cukup tak boleh sampai terlewatkan dalam keseharian.

Dengan rutinitas dan kebiasaan minum air putih yang baik, berat badan pun bisa lebih terjaga. Bahkan yang sedang diet, mengatur kebiasaan minum air putih yang lebih baik dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba dalam menerapkan kebiasaan minum air putih yang lebih sehat.

1. Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Mengutip laman everydayhealth.com, minum segelas air putih setelah bangun tidur dapat membantu membersihkan sistem sirkulasi tubuh dari radikal bebas dan residu bekas kalori yang terbakar pada metabolisme yang berlangsung saat malam hari. Selain menyegarkan, minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh.

2. Minum Air Putih sebelum Makan

Sering kebablasan makan sampai perut kekenyangan? Mengonsumsi kalori lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh dapat memicu kenaikan berat badan. Salah satu cara untuk mencegah konsumsi kalori berlebihan adalah dengan minum air putih sebelum makan. Perut yang sudah terisi air akan memudahkan kita mengontrol nafsu makan kita.

3. Minum Air Putih saat Lapar

Belum masuk jam makan tapi sudah merasa lapar? Cobalah untuk minum segelas air putih. Sebelum meraih camilan atau makanan lain di sela-sela jam makan, ada baiknya untuk memilih segelas air putih. Misalnya, pada malam hari setelah lewat jam makan malam tapi perut keroncongan, coba teguk segelas air putih. Kadang dehidrasi atau kekurangan cairan juga bisa memicu rasa lapar.

4. Minum Air Sebelum dan Sesudah Olahraga

Tergantung pada suhu, kelembapan, dan kadar cairan dalam tubuh, kita butuh sekitar 8 gelas air putih untuk mencegah dehidrasi saat dan sesudah olahraga. Rutinitas olahraga perlu diimbangi dengan pemenuhan cairan tubuh yang cukup. Untuk itu penting untuk minum air putih baik sebelum maupun sesudah olahraga.

5. Minum Air Putih saat Lelah

Saat mengantuk tapi belum bisa tidur atau belum jadwalnya tidur, cobalah minum segelas air putih. Begitu pula ketika merasa lelah, segelas air putih bisa bantu redakan rasa lelahmu. Salah satu gejala dehidrasi adalah rasa lelah. Sebelum beralih ke minuman berenergi atau minuman bergula untuk menambah energi tubuh, segelas air putih menjadi pilihan pertama yang terbaik.

Imbangi dengan pola makan sehat dan olahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah berat badan naik. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Waktu Terbaik Minum Air Putih agar Berat Badan Turun
Artikel Selanjutnya
Tertarik Diet? Studi Membuktikan Nonton Film Horor Bantu Turunkan Berat Badan