Sukses

Parenting

Beberapa Kegiatan Menyenangkan yang dapat Mengasah Keterampilan Motorik Anak

Fimela.com, Jakarta Anak-anak perlu menghabiskan berjam-jam setiap hari menikmati kegiatan keterampilan motorik kasar. Untuk anak-anak prasekolah, permainanan aktif yang menggunakan otot-otot besar di kaki, lengan dan tubuh mereka penting untuk kesehatan dan perkembangan fisik yang baik. Belajar untuk memanfaatkan kekuatan otot-otot untuk berlari, melompat, melempar, menangkap dan menendang adalah kunci pertumbuhan tubuh dan otak mereka yang sehat. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak untuk melatih keterampilan motorik anak.

Kegiatan di dalam Ruangan

Permainan menggerakkan otot tidak harus menghabiskan banyak ruang. Anak-anak dapat menikmati aktivitas pengembangan keterampilan di dalam ruangan. Kelas tari seperti balet, bisa menyenangkan dan memberikan pengembangan keterampilan motorik. Lebih penting bahwa anak-anak memiliki kesempatan untuk menggerakkan tubuh mereka, jadi jangan khawatir jika kelas-kelas ini tidak berfungsi untuk anak.

Kegiatan di Luar Ruangan

Beberapa anak mungkin lebih suka melakukan kegiatan di luar ruangan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di luar ruangan untuk meningkatkan keterampilan motorik anak. Misalnya seperti bermain sepak bola, lompat tali, berbain hula hoop, dan masih banyak lagi kegiatan di luar ruangan yang dapat dilakukan anak-anak. Tentunya kegiatan-kegiatan ini juga butuh perhatian dari orang tua untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada buah hati.

Melatih Ketempilan Motorik Halus

Anak-anak ini juga perlu untuk melatih keterampilan motorik halus. Ini juga sama pentingnya dengan melatih keterampilan motorik kasar pada anak untuk melakukan tugas-tugas seperti memegang pensil, memotong dengan gunting, menggunakan peralatan makan untuk makan dan banyak lagi. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu anak menguatkan dan belajar menggunakan otot-otot kecil di jari dan tangan mereka.

Beri anak prasekolah banyak waktu untuk melatih otot besar dan kecil. Otot ini harus bekerja dan berfungsi sama untuk membantu mereka berhasil dalam melakukan suatu hal.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Ragu, Ini 3 Manfaat Minta Maaf pada Anak
Artikel Selanjutnya
Mengenalkan Sains Seru dari TV Lewat Paket Anak Nasional