Sukses

Parenting

Tidur yang Buruk dapat Memengaruhi Perilaku Anak di Kemudian Hari

Fimela.com, Jakarta Semua orangtua tahu bahwa tidur sangat penting. Terutama sebagai orangtua, tidur menjadi komoditi yang paling berharga dan yang tidak selalu didapatkan sebanyak yang diinginkan. Tetapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur untuk balita sebenarnya jauh lebih penting daripada yang kita sadari.

Kaitan Antara Tidur dan Perilaku Anak

Anak-anak yang kurang tidur pada usia balita memiliki lebih banyak masalah perilaku daripada mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup. Pada anak usia balita dan prasekolah dapat menjadi yang paling menantang dalam banyak hal, karena anak-anak belajar untuk berkomunikasi lebih banyak dan mengambil peran yang lebih mandiri. Dan jika mereka tidak cukup tidur, perilakunya bisa menjadi lauh lebih buruk. Anak dengan kebiasaan tidur yang buruk memiliki perilaku yang lebih buruk, hal ini juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan.

Tips untuk Tidur Anak yang Lebih Baik

Pada dasarnya, tidur sangat penting bagi semua orang terutama bagi balita. Mungkin karena perkembangan otak selama masa balita yang dapat memengaruhi perilaku mereka yang belum disadari oleh para orangtua. Banyak pertumbuhan dan perkembangan pada balita terjadi selama mereka tertidur. Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa seorang balita mendapatkan jadwal tidur yang cukup untuk kesehatannya. Jika Mom kesulitan membuat si kecil tidur, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu.

Hindari Penggunaan Layar Digital

Cahaya dari layar digital seperti televisi, smartphone, komputer atau lainnya dapat merangsang otak untuk tetap terjaga. Usahakan untuk menjauhkan anak dari layar digital satu jam sebelum mereka tidur. alih-alih menggunakan tablet atau menonton TV, ajak anak untuk membaca dongeng sebelum tidur, untuk membantu menenangkan si kecil sebelum mereka tidur.

Bersikap Konsisten

Ini mungkin bisa sangat sulit, tetapi konsistensi adalah kuncinya. Jika melatih anak untuk tidur di kamarnya sendiri, mungkin ini perlu waktu berulang kali untuk melatihnya untuk tidur sendiri hingga anak benar-benar siap untuk melakukannya.

Rutinitas Sebelum Tidur

Cobalah untuk membuat rutinitas sebelum tidur dengan anak. Lakukan mandi air hangat sebelum tidur, membaca buku dan menggunakan baju tidur. Seperti tips sebelumnya, jauhkan anak-anak dari layar digital. Buat suasana kamar lebih nyaman, gunakan lampu tidur yang redup dan dengarkan musik lembut yang membuat anak menjadi lebih rileks.

Jika anak kurang tidur, hal itu dapat mengganggu tumbuh kembang anak dan bahkan dapat memengaruhi perilaku anak yang buruk. Mereka mungkin merasa frustasi karena kurangnya waktu tidur yang cukup untuk dirinya. Jadi pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

What's On Fimela
Loading