Sukses

Parenting

Tips Membantu Anak Konsisten Menjaga Kebiasaan Tidur yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Anak sangat membutuhkan waktu tidur di malam hari yang cukup dan berkualitas. Penelitian mengatakan bahwa anak yang memiliki waktu tidur yang cukup cenderung memiliki risiko rendah untuk depresi dan pikiran untuk bunuh diri.

Anak membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 9 jam untuk tidur. Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa tips membantu anak konsisten menjaga kebiasaan tidur yang sehat, penasaran?

1. Konsisten dengan jadwal tidur anak

Menjaga jadwal tidur anak tetap konsisten adalah salah satu cara untuk membantu mereka mendapatkan tidur yang berkualitas. Cobalah mendorong anak untuk bangun dan tidur setidaknya 1 jam lebih awal dari jadwal untuk membantu mengatur jam internal mereka.

2. Bantu anak mengidentifikasi penyebab yang mungkin menghalangi mereka tidur

Jika penyebab anak sulit tidur di malam hari sudah ditemukan, penting untuk membantu mereka mengatasinya. Bantu anak dengan cara yang paling realistis dan terbaik.

3. Mencegah aktivitas yang cenderung menyebabkan anak sulit tidur di malam hari

Bantu anak untuk fokus pada aktivitas yang lebih santai, seperti membaca atau mendengarkan musik. Hindari perangkat gadget apapun yang justru bisa menyebabkan anak mengalami sulit tidur di malam hari.

 

4. Pastikan anak dalam kondisi tenang dan damai sebelum tidur

Hindari percakapan atau pertengkaran yang emosional dengan anak sebelum tidur. Ada sistem atau respon stres akut yang diaktifkan jika hal-hal seperti itu terjadi.

Anak akan mengalami lonjakan hormon stres, dilepaskan ke tubuh, dan menciptakan kondisi yang sangat bergairah. Jika anak sedang merasa kesal, cobalah untuk mengajak mereka bicara tentang perasaan mereka, dan bantu untuk menyelesaikan ketidaknyamanan tersebut.

5. Tetap aktif

Tidak masalah untuk tetap beraktivitas secara aktif di siang hari. Namun, hindari aktivitas fisik di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading