Sukses

Parenting

4 Hal Penting yang Berpengaruh pada Perkembangan Otak Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti mendambakan anak yang tumbuh sehat, pandai, serta cerdas. Semua hal ini bergantung pada pertumbuhan dan kerja Otak yang berperan penting dalam mewujudkannya.

Otak berperan dalam meningkatkan kemapuan kognitif misalnya bahasa, menulis, berhitung, hingga perilaku anak. Menyikapi hal ini, ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk mendukung perkembangan otak anak.

Berikut ulasannya yang telah dilansir dari berbagai sumber:

1. Nutrisi

Hal pertama yang harus orangtua perhatikan ialah nutrisi. Omega 3 menjadi nutrisi penting yang bisa diberikan kepada anak karena menjadi salah satu jenis lemak tak jenuh yang membantu perkembangan otak. Dilansir dari Dancow, DHA adalah jenis Omega-3 yang berperan membangun 14 juta sel otak anak sejak dalam kandungan hingga usia 18 bulan. Orangtua dapat memberikan makanan seperti salmon mackerel dan tuna.

2.Istirahat cukup

Pastikan untuk anak mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Ketika anak tidur nyenyak dan berkualitas, otak akan memperbaiki dan menyimpan informasi yang diperoleh ketika ia belajar dan bermain.

3. Motorik dan sensorik anak

Sejak di dalam kandungan ibu bisa mendengarkan musik-musik. Hingga lahir orangtua bisa mendengarkan lagu hingga membacakan buku cerita agar anak memiliki kosa kata yang banyak. Untuk motorik, orangtua bisa mengenalkan permaian dan benda yang dapat ia sentuh. Ini akan melatih motorik halus dan sensorik.

4. Menunjukan kasih sayang

Interaksi orangtua dan anak mempunyai dampak yang baik untuk otak si kecil. Anak akan lebih mudah mengekspresikan perasaanya dan merasa nyaman dengan lingkungannya. Kasih sayang yang didapatkan anak dari orangtua akan berpengaruh pada perkembangan otak si kecil.

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Tepat Melindungi Anak dari Kenakalan Remaja
Artikel Selanjutnya
4 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak saat Memanfaatkan Teknologi