Sukses

Parenting

4 Hal yang Perlu Diajarkan pada Anak saat Memanfaatkan Teknologi

Fimela.com, Jakarta Perkembangan teknologi terjadi hampir di seluruh dunia. Dari smartphone dan laptop semua aplikasi dan media sosial dapat dinikmati semua orang. Tetapi dalam hal ini, apakah orang tua benar-benar menunjukkan kepada anak cara menggunakan perangkat ini secara efektif dan bertanggung jawab? Meningkatnya jumlah insiden cyberbullying dan kejahatan yang dilakukan secara online lainnya menunjukkan bahwa peran orang tua untuk mengawasi anak dalam menggunakan media sosial mungkin belum sepenuhnya dilakukan. Anak-anak sering membuat unggahan yang tidak pantas dan terkadang menunjukkan kurangnya penilaian.

Sebagai gantinya, orang tua perlu melihat teknologi dan internet sebagai taman bermain digital. Sama seperti para orangtua yang tidak akan membiarkan anak-anak pergi ke taman sendirian. Hal yang sama berlaku untuk teknologi dan internet. Orangtua perlu memastikan bahwa anak-anak menggunakan alat-alat ini dengan aman dan bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk membantu anak agar melek secara digital.

Izinkan Mereka untuk Bereksperimen

Sebagian banyak teknologi tampak menakutkan dan membingungkan bagi sebagian orangtua. Cobalah untuk memberikan izin kepada anak untuk bereksperimen menggunakan media online, terutama ketika mereka berada di bawah pengawasan Mom. Mengharpkan anak-anak mengerahui cara mengelola media sosial dengan baik dan realistis jika mereka belum pernah menggunakannya.

Ajarkan Menggunakan Teknologi Secara Bertanggung Jawab

Etika digital adalah salah satu keterampilan terpenting yang dapat diajarkan kepada anak-anak. Pastikan mereka tidak hanya memahami aturan daring dan pedoman keselamatan. Secara umum, anak-anak harus memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan. Terlebih lagi, unggahan dan foto mereka harus positif dan sesuai. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari tindakan cyberbullying atau kejahatan online lainnya. 

Pastikan Mengetahui Hak Mereka dan Menghormati Hak Orang Lain

Anak-anak berhak merasa aman saat menggunakan media online. Jika seseorang menindas mereka atau melecehakan mereka dengan cara tertentu, mereka harus memberi tahu orang dewasa atau orang tuanya. Cobalah untuk mengajarkan anak beberapa pedoman umum tentang cara menangani cyberbullying jika mereka mengalaminya.

Demikian juga, mereka harus memperlakukan orang lain dengan hormat secara online. Selain tidak melakukan cyberbullying, salah satu cara yang dapat mereka lakukan adalah dengan menghormati hak semua orang atas privasi. Misalnya, mereka tidak boleh berbagi informasi, foto atau video orang lain tanpa izin mereka. Mereka juga perlu menghargai pekerjaan yang dibagikan orang lain secara online. Ini berarti mengunduh musik, video, buku, artikel, dan sebagainya tanpa izin tidak dapat diterima. Selain itu tidak tidak dapat diterima untuk meretas akun media sosial orang lain, menyamar sebagai orang lain secara online atau mengirim spam.

Ajari Mereka Cara Tetap Aman saat Online

Jangan pernah mengizinkan anak-anak menggunakan media online tanpa terlebih dahulu bebicara tentang keamaan online. Tetapkan beberapa pedoman umum untuk melindungi anak-anak dari cyberbullying dan diskusikan seluk beluk media sosial. Penting juga untuk mengikuti pedoman usia akun daring yang ingin dibuat. Ada alasan mengapa anak-anak harus harus berusia di atas 1 tahun sebelum mereka dapat memiliki akun instagram.

Tujuan mengajarkan pengetahuan tentang digital pada anak adalah untuk memberdayakan anak dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengarahkan perkembangan teknologi saat ini. Mereka tidak hanya perlu memahami bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk bertindak sendiri secara online, tetapi mereka juga perlu memahami bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi untuk memberi manfaat bagi mereka dan orang-orang di sekitar mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Mencegah Anak Menyalahgunakan Penggunaan Media Sosial
Artikel Selanjutnya
Tips Memberi Pemahaman pada Anak tentang Pentingnya Social Distancing