Sukses

Parenting

Perlu Orangtua Ketahui, Ini Alasan Mengapa Anak Sering Menyontek

Fimela.com, Jakarta Menyontek adalah salah satu tindakan yang sering dilakukan anak di lingkungan sekolah. Biasanya menyontek dilakukan anak ketika malaksanakan ujian atau mengerjakan tugas dari guru mereka. Menyontek dapat membuat anak tidak memiliki rasa jujur pada dirinya sendiri dan orang lain. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seorang anak mencoba untuk menyontek.

Tekanan Akademik

Ketika seorang siswa memiliki terlalu banyak hal, seperti latihan olahraga, pelajaran musik, kewajiban sosial, tugas dan banyak lagi, mereka mungkin merasakan tekanan untuk mengambil jalan pintas. Dan itu bisa terwujud dengan menyontek di sekolah. Siswa yang sangat khawatir tentang mendapatkan nilai yang sempurna mungkin dapat menggunakan cara yang curang. Entah mereka menyakin pekerjaan rumah sahabatnya, mereka mungkin berpikir itu adalah cara terbaik untuk mengembangkan masa depannya.

Kurangnya Motivasi

Siswa yang tidak termotivasi untuk belajar mungkin dia akan lebih memilih untuk menyontek. Jadi, daripada menghabiskan waktu mengerjakan pekerjaan rumah sendiri atau belajar untuk ujian, mereka mungkin mengambil jalan pintas. Jika anak tidak termotivasi untuk mendapatkan nilai bagus dengan jujur, Mom mungkin dapat menawarkan beberapa hadiah untuknya.

Tekanan Teman Sebaya

Ada juga kemungkinan bahwa anak mungkin bukan orang yang suka menyalin pekerjaan orang lain. Mereka mungkin yang meminjamkan tugas mereka kepada teman mereka. Jika anak tidak dapat mengatakan tidak, mereka menunjukkan kepada Mom bahwa mereka membutuhkan banyak keterampilan untuk menahan tekanan teman sebaya. Bicarakan tentang bagaimana mengatakan tidak jika seseorang meminta untuk menyalin pekerjaan mereka dan bekerja sama untuk menjadi teman baik tanpa berkolusi dalam ketidakjujuran.

Berikan Pemahaman

Bahkan anak-anak mungkin akan berpikir tidak masalah jika menyalin beberapa kata dari buku atau menyalin pekerjaan siswa lain dalam kelompok. Dalam situasi ini, disiplin belum tentu merupakan reaksi penting. Sebaliknya penting untuk membimbing anak melalui keadaan yang terkadang sulit ini. Sehingga mereka memahami perbedaan antara bekerjasama dan menyontek atau menjiplak.

Berikut tadi beberapa alasan mengapa anak sering melakukan menyontek saat di sekolah. Beberapa cara mungkin dapat dilakukan orangtua untuk mendisiplinkan anak yang melakukan tindakan ini.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading