Sukses

Parenting

Deretan Arti Nama Populer untuk Bayi Laki-Laki dan Perempuan

ringkasan

  • Oliver dan Olivia menjadi arti nama bayi yang populer di Inggris
  • Faktor usia ibu memengaruhi pemilihan arti nama bayi

Fimela.com, Jakarta Sebelum bayi lahir, salah satu tugas yang cukup penting untuk dilakukan orangtua adalah mencarikan arti nama yang tepat. Untuk menentukan arti nama bagi sang anak, ada banyak preferensi yang bisa digunakan.

Arti nama anak bisa ditemukan berdasarkan hal-hal yang orangtua suka, doa dan harapan orangtua pada anak, hingga nama yang cukup populer digunakan. Setiap negara pun memiliki arti nama populer yang berbeda-beda.

Layaknya di Inggris, arti nama dari keluarga kerajaan kerap menjadi preferensi orangtua untuk disematkan sebagai nama anaknya. Namun pada 2019, Kantor Statistik Nasional Inggris mengumumkan arti nama bayi laki-laki dan perempuan yang populer di Inggris dan Wales bukanlah berasal dari keluarga Kerajaan Inggris.

Nama yang cukup populer di Britania Raya itu adalah Oliver untuk bayi laki-laki dan Olivia untuk perempuan. Kantor Statistik Nasional Inggris pun melakukan penelitian tentang nama yang paling disukai tahun lalu dengan melihat data pencatatan kelahiran.

Nama yang populer

Data tersebut menampilkan berbagai entri yang semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Beberapa di antaranya tampak terinspirasi dari budaya populer.

Nama Oliver dan Olivia telah menjadi nama anak laki-laki teratas sejak 2013 dan nama anak perempuan teratas sejak 2016. Nama Emily dan Ella yang sempat populer terpaksa harus kehilangan tempatnya di 10 besar nama perempuan. Sementara nama Freya menjadi pendatang baru dalam daftar nama populer.

Sementara pada daftar nama anak laki-laki tidak terdaftar baru. Di mana nama Arthur yang merupakan nama salah satu anggota keluarga Kerajaan menempati urutan keempat.

Beberapa nama yang dipilih orangtua untuk diberikan kepada anak-anak mereka selama beberapa tahun terakhir semakin jelas. Orangtua memiliih arti nama berdasarkan tokoh-tokoh terkenal di dunia hiburan.

 

Dipengaruhi usia ibu

Seperti pada perilisan film Star Wars: The Force Awakens pada 2015. Terdapat tokoh utama bernama Kylo Ren yang menjadikan nama Kylo cukup populer untuk anak laki-laki.

Sementara, nama anak perempuan cukup populer dengan nama Dua yang terinspirasi dari Dua Lipa. Kepemilikan nama Dua terus meningkat dari 2017 hingga 2019. Hal ini karena Dua Lipa merilis album debutnya pada 2017 dan memenangkan dua piala Grammy Awards.

Di sisi lain, nama Alexia kurang diminati sejak Amazon Alexa diluncurkan pada 2016. Terjadi penurunan nama Alexa di Inggris dan Wales pada 2016 hingga 2019.

David Corps dari Kantor Statistik Nasional Inggris pun mengeksplorasi berbagai faktor apakah usia ibu memengaruhi nama bayi dipilih. Ibu yang lebih muda cenderung memilih nama yang lebih modern, seperti Harper. Sementara, ibu yang lebih tua memilih nama yang lebih tradisional, seperti Jack dan Charlotte.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Informasi Penting Risiko Rotavirus Mematikan pada Anak
Artikel Selanjutnya
Seorang Anak Empat Tahun Tiba-Tiba Menghitam dan Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penyebabnya