Sukses

Parenting

Tips Sederhana untuk Mengenali Tanda Bahwa Anak Mengalami Gangguan Kecemasan

Fimela.com, Jakarta Anak-anak dari segala usia tentu akan mengakami stres dan kecemasan, tetapi mereka akan meresponnya secara berbeda tergantung pada usia dan kepribadian mereka. Mungkin sulit bagi orangtua, terutama bagi orangtua dari balita, untuk mengenali tanda-tanda stres atau kecemasan pada anak mereka. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengenali tanda stres dan kecemasan pada balita.

Untuk Anak yang Mengalami Kesulitan Tidur

Anak-anak yang tidak dapat menjelaskan kepada orangtuanya bahwa mereka merasa kesal dan khawatir mungkin mulai menunjukkan perilaku yang memberi petunjuk kepada Mom bahwa ada sesuatu yang salah. Di antara perubahan tersebut mungkin ada masalah tidur.

Anak-anak yang stres dan cemas mungkin lebih sering bangun di malam hari dan merasa ketakutan. Mom tidak perlu membawa anak ke kamar untuk tidur bersama orangtua atau Mom tidur di samping anak. Namun, para orangtua bisa duduk bersamanya dan dengan lembut mencoba menenangkan anak sampai si kecil kembali rileks. Mungkin ini membutuhkan cukup banyak waktu.

Untuk Anak yang Memiliki Masalah Perilaku

Regresi adalah tanda stres yang umum di alami anak-anak. Balita yang telah berhasil dilatih untuk buang air di toilet mungkin mulai sering mengalami kecelakaan kecil atau sering melakukan hal aneh-aneh. Perilaku ini mungkin bisa terjadi ketika si kecil mendapatkan saudara baru yang dapat memicu kecemasan pada balita. Singkatnya, tekanan itu bisa membuat anak merasa ingin kembali ke tahap perkembangannya ketika segala sesuatunya lebih mudah dan lebih aman.

Ini bisa membuat frustasi bagi orangtua, tetapi jangan memarahi anak karena  bertingkah kenak-kanakan. Hal itu mungkin hanya akan meningkatkan perasaan stres pada anak. Sebaliknya, buat anak bersemangat melakukan hal-hal besar. Beri anak kesempatan untuk merawat adik kecilnya.

Saat anak mengalami stres akibat perubahan besar, dalam banyak kasus, waktu akan membantu anak terbiasa dengan situasi baru. Sementara itu kesebaran dan cinta akan sangat membantu anak mengatasi stres dan kecemasan yang mereka rasakan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Setelah 32 tahun dengan Lebih dari 300 Petunjuk Palsu, Korban Penculikan Anak Berhasil Ditemukan
Artikel Selanjutnya
4 Mainan Edukasi Anak yang Dapat Mengasah Kreativitas dan Imajinasi