Sukses

Parenting

4 Tanda Bahwa Anak Memiliki Perkembangan Bahasa yang Cukup Baik

Fimela.com, Jakarta Dalam bidang perkembangan bahasa, garis waktu sangat membantu, tetapi secara keseluruhan penting untuk mempertimbangkan apakah anak efektif dalam berkomunikasi atau tidak daripada berfokus pada sejumlah kata dalam kosa katanya. Jika Mom mengalami kesulitan memahami atau berkomunikasi dengan anak dan mulai khawatir jika mungkin ada masalah, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter. Atau kenali tanda-tanda keterlambatan perkembangan bahasa yang terjadi pada anak.  

Menunjukkan Minat pada Orang Lain

Ketika di rumah dan orang lain masuk atau keluar ruangan, anak harus memperhatikan dan beraksi. Rekasi dapat berupa tersenyum saat melihat orang yang dikenalinya, menangis saat Mom pergi, atau mencoba mengikuti Mom saat beranjak dari ruangan. Dia harus tertarik dengan apa yang dilakukan orang lain, misalnya jika seseorang sedang makan, membaca buku atau bermain dengan mainan di dekatnya.

Anak Menggunakan Kata-kata Baru Secara Teratur

Setelah anak mulai mencoba menggunakan kata-kata, Mom akan melihat kemajuan yang stabil dalam perkembangan bahasanya. Setelah mampu mengatakan kata-kata yang ada dalam kosa katanya, kata-kata itu harus tetap bisa diingat dan anak harus ada peningkatan kata sejak saat itu. Berhati-hatilah jika kosa kata anak tampak mandek selama lebih dari beberapa bulan.

Bereaksi Terhadap Musik

Kebanyakan balita, menunjukkan semacam reaksi terhadap musik. Jika anak bertepuk tangan, bergoyang, atau mencoba menari, menggelengkan kepala, bersenandung atau mencoba menyanyi, tak perlu khawatir. Tetapi jika anak tidak melakukan reaksi apa pun tentang hal ini, mungkin ada beberapa masalah yang mungkin Mom perlu ketahui.

Mengikuti Perintah Verbal Sederhana

Beberapa orangtua mendapati diri mereka melakukan segalanya untuk anak, tanpa menyadari bahwa mereka melakukannya karena kemungkinan masalah dengan perkembangan bahasa. Cobalah untuk mengikuti permintaan verbal yang umum seperti “Bawakan ibu sepatu yang ada di rak sepatumu.” Jika anak menanggapi kemungkinan dia tidak mengalami keterlambatan perkembangan bahasa mereka.

Jika anak memiliki beberapa tanda bahwa dia mengalami keterlambatan bahasa, mungkin ada baikya Mom segera memeriksakannya ke dokter anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mendidik Anak di Era Digital
Artikel Selanjutnya
Growthpedia, Alat Ukur Digital Tinggi Badan Anak