Sukses

Parenting

Terinspirasi Anaknya, Seorang Ibu membuat Boneka dengan Alat Bantu Dengar dan Kondisi Medis Lainnya

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika anak-anak sangat suka sekali bermain boneka. Sayangnya, tidak terlalu banyak boneka yang tersedia untuk anak-anak dengan keterbatasan fisik dan memiliki kondisi medis tertentu.

Melihat masalah tersebut, Ibu dua anak berkebangsaan Inggris, Clare Tawell, memutuskan untuk mendirikan organisasi nirlaba Bright Ears UK yang ia gunakan untuk memodifikasi boneka bayi agar sesuai dengan kondisi medis anak-anak.

Inspirasi terbesar Clare adalah putrinya yang berusia 4 tahun, Matilda, yang tunarungu.

 “Saya sangat kecewa ketika saya tidak dapat menemukan boneka atau mainan apa pun dengan alat bantu dengar.  Saya merasa bahwa masyarakat tidak menganggapnya penting, "katanya kepada Today.

Boneka yang membuat percaya diri

Melansir Boredpanda, Teknologi radiasi medis mengerjakan boneka tersebut selama waktu luangnya dan tujuannya adalah agar setiap anak penyandang disabilitas dapat bermain dengan mainan yang persis seperti mereka.  Dia berharap untuk memberdayakan anak-anak dan mempromosikan inklusivitas dengan boneka dan aksesoris buatan tangannya.

Clare telah menjual lebih dari 2k boneka sejak memulai misi mengubah mainan pada 2017. Perempuan 39 tahun ini berharap, di masa depan, anak-anak dengan kondisi medis dapat pergi ke toko mana pun dan melihat boneka dengan bibir sumbing atau alat bantu dengar di samping boneka biasa.  Dengan begitu, anak-anak akan merasa normal dan tidak akan merasa berbeda dari orang lain.

Pendiri Bright Ears UK telah mendapatkan banyak pesanan baru-baru ini dan beberapa produknya untuk sementara terjual habis.  

Bukan hanya individu yang membeli boneka Clare.  Sekolah dan pembibitan juga telah membeli dan menggunakannyClare juga melakukan permintaan khusus kapan pun dia punya waktu.  Menurut Clare, kita hidup di dunia yang banyak menekankan pada 'menjadi normal' dan siapa pun yang terlihat berbeda dari norma mungkin merasa 'tidak normal.' Itu dapat memengaruhi kepercayaan anak-anak pada diri mereka sendiri.

Boneka ini juga mengajarkan kita untuk tidak melihat seseorang dari tampilannya.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading