Sukses

Parenting

6 Cara Mengatasi Bayi Rewel dan Menangis Tanpa Henti

Fimela.com, Jakarta Bayi rewel biasanya menangis tanpa henti. Sebenarnya, tangisan merupakan cara bayi untuk menyampaikan segala sesuatu yang dia rasakan. Misalnya saat dia sakit, lelah, bosan dan tidak nyaman. 

Bayi, tulis Alo Dokter, dapat menangis selama 1-4 jam dalam sehari. Namun, ada saat-saat bayi terus menangis dan sulit sekali untuk ditenangkan. Kondisi ini disebut dengan purple crying, yang merupakan fase bayi lebih sering menangis dan sulit untuk ditenangkan. 

Bayi yang terus-menerus menangis memang membuat para ibu sangat khawatir. Tapi, jika tidak ada indikasi penyakit seperti deman dan lainnya, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk menenangkan bayi rewel

1. Ciptakan Suara

Cara yang paling mudah adalah menciptakan suara. Misalnya cobalah untuk bernyanyi, musik dari lagu anak-anak atau film. Kamu juga bisa menciptakan suara dari benda-benda yang ada di sekitar. 

2. Matikan Lampu

Ketika bayi rewel dan menangis terus, cobalah mematikan lampu di ruang tidurnya atau membuat suasana lebih redup. Ini akan membuat bayi menjadi lebih tenang seperti terasa berada di dalam kandungan. 

3. Pijat

Kamu bisa memijat sang bayi dengan perlahan. Baik di bagian tangan, telapak tangan, wajah, dan kepala. Punggung juga bisa kamu pijat dan membuat si bayi lebih tenang. 

4. Mandi

Mandikan bayi. Bayi biasanya akan menjadi lebih tenang ketika mendengar suara gemericik air. 

5. Putar Ulang Suara Tangisan

Jika bayi menangis, cobalah untuk merekamnya. Nah, ketika bayi menangis kembali, cobalah perdengarkan suara tangisannya. Biasanya, bayi akan terheran-heran dan justru berhenti menangis usai mendengar rekaman suaranya saat menangis. 

6. Kangguru

Metode kangguru merupakan metode afeksi yang dilakukan kedua orangtua. Caranya, letakkan bayi di tengah antara ibu dan ayah yang saling berpelukan. Hal ini bukan hanya akan menengkannya tetapi juga membuat bayi merasakan kehangatan. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading