Sukses

Health

5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Memiliki Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Waspada memiliki kolesterol tinggi saat sedang hamil. Kacang-kacangan adalah jenis makanan yang bisa dikonsumsi setiap hari, karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah kacang hijau yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang enak, mudah untuk dibuat dan praktis untuk dikonsumsi ibu hamil setiap harinya. Sahabat Fimela dapat mengolahnya menjadi bubur kacang hijau, puding, es kacang hijau dan sebagainya. Tentu saja kacang hijau memiliki manfaat yang bisa membuat kandungan kolesterol menjadi seimbang.

Ibu yang sedang mengandung sangat membutuhkan asupan yang bernutrisi, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan menjaga tumbuh kembang janin dalam kandungan. Berikut manfaat mengonsumsi kacang hijau untuk ibu hamil, agar terhindar dari kolesterol jahat:

Kandungan di dalam Kacang Hijau

Di dalam kacang hijau terdapat kandungan seperti vitamin, karbohidrat, protein, serat dan mineral, yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janinnya. Berikut penjelasannya;

1. Vitamin

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam kacang hijau adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memaksimalkan fungsi penglihatan, menjaga fungsi saraf pada ibu yang sedang hamil.

2. Karbohidrat

Karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam kacang hijau, bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Sehingga ibu yang sedang hamil lebih berenergi dan terhindar dari obesitas. Waspadai obesitas, karena bisa menyebabkan penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

3. Protein

Protein yang ada di dalam kacang hijau, bisa membantu meningkatkan pembentukkan sel yang ada di dalam tubuh ibu hamil. Protein akan menurunkan kolesterol, dan menguatkan janin yang ada di dalam kandungan.

4. Serat

Serat yang terdapat di dalam kacang hijau, bisa membantu mencegah masalah pencernaan, seperti sembelit, asam lambung dan peradangan pada usus. Serat juga bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi seimbang.

5. Mineral

Kandungan mineral di dalam kacang hijau, bisa membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Sehingga ibu yang sedang hamil tidak terserang dehidrasi.

Manfaat Kacang Hijau

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau, maka kacang hijau ini sangat aman dan menyehatkan jika dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Berikut manfaatnya untuk ibu hamil:

1. Menguatkan Tulang

Ibu yang sedang mengalami masa kehamilan, membutuhkan asupan vitamin K yang bisa membantu menguatkan tulang. Vitamin K ini terdapat di dalam kacang hijau, yang juga berperan penting untuk penyembuhan luka.

2. Mencegah Kanker

Kacang hijau sangat baik dikonsumsi ibu hamil, karena memiliki manfaat yang bisa mencegah terjadinya kanker pada ibu hamil. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kacang hijau bisa menghambat pertumbuhan sel kanker akibat radikal bebas.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Biasanya pada masa kehamilan, ibu hamil akan sering mengalami masalah pada sistem pencernaan. Kandungan di dalam kacang hijau ini bisa bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga terhindar dari penyakit sembelit. Pencernaan yang lancar juga bisa membantu menyeimbangkan kolesterol.

4. Mencegah Anemia

Ibu yang sedang hamil cenderung akan mudah mengalami anemia, yang ditandai dengan tubuh merasa lemas, mudah pusing dan mual. Zat besi yang terdapat di dalam kacang hijau ini, bisa membantu meningkatkan proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

5. Menjaga Energi

Agar tidak lelah pada saat hamil, Mom bisa mengonsumsi kacang hijau yang bisa menjadi sumber energi, karena kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading