Sukses

Parenting

Langkah Mudah Kenalkan Jenis-Jenis Kendaraan dan Bahan Bakarnya Kepada Anak

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian besar anak-anak kelas 4 dan 5 SD menaiki kendaraan umum mungkin sudah pernah dirasakan. Bahkan, ada sering bepergian ke sekolah menggunaan kendaraan umum. Namun, sudahkah anak-anak mengetahui jika masing-masing transportasi ternyata menggunakan bahan bakar berbeda?

Di program Kemendikbud belajar dari rumah melalui TVRI inilah, orang tua bisa mengajak anak-anak memahaminya. Sebab, di episode 12, anak kelas 4 dan 5 bakal diajak belajar dan berlatih tentang hal-hal tersebut.

Beda Kendaraan Beda Pula Bahan Bakarnya

Di episode 12 ini, anak kelas 4 ditemani sepasang kakak dan adik belajar mengidentifikasi kendaraan dan bahan bakarnya. Lewat mater berjudul “Tenaga untuk Bergerak”. Alat transportasi berupa kendaraan bermotor sangat penting untuk membantu mobilitas masyarakat modern.

Jenis-jenis kendaraan pun beragam, dari motor, mobil, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang. Fakta menariknya, anak kelas 4 diberi tahu jika semua kendaraan bermotor bisa bergerak berkat adanya mesin yang memerlukan bahan bakar.

Bukan itu saja, anak kelas 4 juga dikenal beragam jenis bahan bakar. Bensin biasa digunakan untuk kendaraan seperti motor atau mobil. Lalu, solar yang digunakan untuk kendaraan dengan mesin diesel, seperti kapal laut, kereta api, kadang juga motor dan mobil. Batubara untuk menggerakkan kereta api dengan tenaga uap. Serta, avtur yang digunakan untuk pesawat terbang bermesin jet.

Ada juga kendaraan yang menggunakan bahan bakar alternatif, seperti tenaga matahari, listrik dan biofuel yang lebih ramah lingkungan. Sayangnya, masih belum banyak kendaraan yang menggunakannya. Di segmen lain, anak kelas 4 juga belajar kalimat lengkap dan tak lengkap, yang terdiri dari Subjek, Predikat dan Objek.

Di akhir segmen, anak kelas 4 belajar tentang pembulatan angka, yag terdiri dari pembulatan ke bawah, pembulatan ke atas dan pembulatan terbaik. Petunjuknya, lakukan pembulatan ke satuan terdekat jika bilangan dalam bentuk desimal. Apabila bilangan bulat, maka sebaiknya tak dilakukan pembulatan.

Mencari Tahu Fakta Minyak Bumi untuk Kelas 5

Sementara anak kelas 5 ditemani oleh Kak Kinan tentang bahan bakar untuk kendaraan yang berasal dari minyak bumi. Menurut Kak Kinan, ada beberapa fakta menarik tentang minyak bumi, yaitu zat berwarna hitam kental yang ditemukan di bawah permukaan bumi.

Lebih lanjut, minyak bumi berasal dari sisa tulang belulang, sisa tanaman zaman purba atau fosil yang tertanam di bawah lapisan tanah selama ratusan jutaan tahun. Minyak bumi dapat diubah menjadi beberapa bahan bakar kendaraan, seperti bensin, solar, minyak tanah, elpiji, avgas serta avtur.

Fakta lainnya, minyak bumi akan habis jika terus digunakan secara terus menerus, bahkan diprediksi 70 tahun setelah abad ke 21. Di sisi lain, pembakaran bahan bakar kendaraan akan menghasilkan karbondioksida yang bisa menyebabkan polusi udara. Kabar baiknya, tanaman bisa mengikat zat tersebut, jadi anak kelas 5 diajak lebih sering menanam banyak pohon.

Di segmen lain, Kak Kinan juga mengajak anak kelas 5 berlatih menulis kalimat lengkap dan tidak lengkap. Mereka juga berlatih mengerjakan bilangan cacah, istilah untuk menyebutkan bilangan asli yang digabung dengan nol. Anak kelas 5 juga berlatih menghitung efisiensi bahan bakar pada kendaraan.

Sungguh lengkap sekali, kan? Itulah kenapa program Kemendikbud belajar dari rumah melalui TVRI ini penting banget diikuti oleh anak-anak. Program ini hadir setiap hari Senin-Jumat pada jam 10.00-10.30 WIB untuk anak kelas 4, serta jam 10.30-11.00 WIB untuk anak kelas 5.

;
Loading