Sukses

Parenting

7 Ciri-Ciri Anak Sehat

Fimela.com, Jakarta Anak sehat dengan tumbuh kembang normal tentu menjadi dambaan semua orangtua. Ciri-ciri anak sehat tidak hanya dilihat dari penampilan fisiknya saja, tetapi juga keadaan psikologis dan keterampilan sosial dengan lingkungan sekitarnya. Banyak orangtua masih belum paham bagaimana mengenali kondisi anak yang sehat atau memerlukan perhatian ekstra.

Dilansir dari yuri-dee.com, agar par orangtua dapat memantau dengan lebih teliti yuk kita kenali ciri-ciri anak sehat berikut ini.

Miliki nafsu makan yang baik

Anak yang memiliki nafsu makan baik akan dengan mudah mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, ada kalanya anak yang sehat enggan makan. Jika nafsu makan anak tidak meningkat dalam jangka waktu lama dan disertai dengan penurunan berat badan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Nafas tak berbau

Mayoritas penyebab kondisi bau mulut anak adalah karena kurangnya kebersihan mulut dan perawatan gigi. Untuk menghindari bau mulut, biasakan si kecil membersihkan gigi dan mulut dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari sebelum tidur dan setelah bangun pagi.

Gigi cerah dan gusi merah muda

Jika anak memiliki gigi yang cerah dan gusi berwarna merah muda mengkilap, hal itu menandakan anak tersebut memiliki asupan niasin, asam folat, riboflavin, dan vitamin B12 yang cukup.

 

Kulit sehat dan mudah sembuh saat terluka

Kondisi kulit juga bisa menentukan apakah seorang anak sehat atau tidak. Jika kulit lembap dan tidak bersisik, itu menandakan asupan vitamin A, C, dan E. terpenuhi.

Suhu tubuh berkisar antara 36,3 Celsius - 37,3 Celsius

Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Suhu tubuh paling rendah terutama terjadi pada pagi hari, suhu tubuh bisa naik hingga 0,6 derajat celcius pada sore hari.

Tidak ada rambut kusam dan rontok

Rambut bisa menjadi cerminan dari kondisi kesehatan secara keseluruhan. Nutrisi yang cukup jelas akan mempengaruhi tekstur rambut. Anak yang kurang gizi umumnya memiliki rambut yang lebih tipis, kering, rapuh dan mudah rontok.

Bermain dengan antusias

Selama anak lincah, ceria dan aktif, berarti dia dalam keadaan sehat dan bugar.

Penulis: Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading