Sukses

Parenting

Catat, Ini Sederet Camilan Sehat untuk Anak

Fimela.com, Jakarta nak balita sangat suka memakan camilan. Camilan sehat menjadi penting untuk dikonsumsi anak balita. Namun, kini banyak cemilan kemasan yang beredar tidak memiliki komposisi gizi yang seimbang. Produk kemasan seringkali menggunakan bahan dasar dengan tepung olahan, tambahan gula, dan bahan buatan.

Waktu ngemil adalah kesempatan bagus untuk memasukkan beberapa nutrisi tambahan ke dalam makanan anak Anda. Alih-alih makanan ringan olahan, isi perut anak Anda dengan makanan utuh yang akan memberikan energi dan nutrisi.

Dilansir dari healthline.com, berikut adalah daftar cemilan sehat untuk anak .

Yogurt

Yogurt adalah camilan yang sangat baik untuk anak-anak karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak-anak.

Beberapa brand yogurt juga mengandung bakteri hidup, yang bermanfaat bagi sistem pencernaan.Kebanyakan yogurt yang dipasarkan untuk anak-anak mengandung kadar gula yang tinggi. Sebagai gantinya, pilihlah yogurt tanpa lemak dan penuh lemak dan mempermanisnya dengan buah segar atau sedikit madu.

Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada bayi di bawah 12 bulan, karena mereka berisiko lebih besar terkena infeksi serius yang disebut botulisme.

Popcorn

Anda mungkin menganggap popcorn sebagai makanan cepat saji, tetapi ini sebenarnya adalah biji-bijian yang bergizi.Selama Anda tidak menenggelamkannya dengan topping yang tidak sehat, popcorn bisa menjadi camilan sehat untuk anak-anak. Panaskan popcorn Anda sendiri, taburi dengan sedikit mentega, dan taburi keju Parmesan parut di atasnya.Namun, berhati-hatilah saat menawarkan berondong jagung kepada anak-anak yang lebih kecil, karena dapat menyebabkan bahaya tersedak.

Seledri dengan selai kacang dan kismisSeledri dengan selai kacang dan kismis, kadang disebut "semut di batang kayu", adalah cara yang menyenangkan untuk mengajak anak Anda makan sayur.

Potong satu batang seledri menjadi tiga atau empat bagian, olesi selai kacang di dalam seledri, dan susun beberapa kismis di atas selai kacang.Gabungan ketiga makanan ini memberikan keseimbangan yang baik antara karbohidrat, protein, dan lemak.Pastikan untuk membeli selai kacang tanpa tambahan gula atau minyak nabati.

Havermut atau Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan sehat untuk anak-anak tetapi juga bisa menjadi camilan yang enak.Oat mengandung serat larut yang tinggi, yang meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di saluran pencernaan, bersama dengan manfaat kesehatan lainnya.

Lewati paket rasa, yang tinggi gula, dan buat oatmeal Anda dengan oat gulung utuh. Tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kayu manis dan beberapa apel potong dadu untuk menambah rasa manis.Jika Anda membuat oatmeal dengan susu dan bukan air, itu akan menambah protein dan kalsium tambahan.

Penulis: Adonia Bernike Anaya

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading