Sukses

Parenting

5 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Bermain Gadget

Fimela.com, Jakarta Penggunaan gadget tak hanya bagi orang dewasa namun juga anak-anak, bahkan saat balita pun sudah bisa mengoperasikan gadget dengan mahir. Meskipun dianggap lebih efektif untuk membuat anak lebih tenang saat bermain, tak bisa dipungkiri penggunaannya yang berlebihan juga tidak baik untuk anak.

Jadi apa yang perlu dilakukan agar anak tidak kecanduan bermain gadget? Simak penjelasan dari Fimela di bawah ini.

Memberikan Batasan Waktu

Bagi anak di bawah lima tahun biasanya akan sulit untuk diajarkan tentang bahaya bermain gadget. Jadi, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan batasan waktu ada anak. Misalnya, dalam sehari anak-anak dibatasi untuk bermain gadget selama dua jam. Jika lebih dari itu harus tegas dan berani mengambil tindakan. Pembatasan waktu ini juga tidak bisa dilakukan sekaligus, apalagi bagi anak yang sudah kecanduan parah. Alangkah baiknya dilakukan secara bertahap. Misalnya, dari delapan jam menjadi enam jam, dari enam jam menjadi empat jam dan seterusnya.

Memberikan Mainan Pengganti

Anak-anak yang sudah kecanduan gadget biasanya akan sulit untuk lepas dari smartphone atau gadget lainnya. Sehingga, temukan alternatif agar si anak mau beralih dari gadgetnya. Cara lainnya, yakni dengan memberikan mainan pengganti yang disukai anak-anak. Misalnya dengan memberikan pensil warna dan buku gambar, membelikan mainan lego, boneka dan lain sebagainya.

Mengenalkan Anak ke Lingkungan Luar

Anak-anak yang sudah kecanduan gadget biasanya sulit untuk dialihkan perhatiannya. Mereka juga akan memiliki sedikit ketertarikan pada lingkungan di luarnya. Untuk masalah ini, Mom bisa menariknya ke lingkungan luar dimana anak-anak seumurannya harus berkegiatan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengajak anak jalan-jalan ke luar rumah atau sekadar beraktifitas lainnya.

Temani Anak saat Bermain

Salah satu hal yang membuat anak menarik diri dari lingkungan sosial atau keluarganya dan lebih memilih gadget ialah kurangnya perhatian dari orangtua. Percuma jika anak-anak dialihkan dari bermain gadget dengan permainan lainnya jika orangtua tidak mendampingi. Ia akan selalu merasa kesepian dan tak punya teman. Jadi peran orangtua sangat dibutuhkan. Jadilah teman yang menyenangkan bagi si kecil.

Berikan Pengertian kepada Anak

Bagian ini mungkin menjadi bagian yang paling sulit dilakukan orangtua karena setiap anak memiliki perlakuan yang berbeda. Saat menjelaskan kepada anak tentang bahaya penggunakaan gadet, pastikan untuk lebih sabar. Hindari membentaknya atau bicara terlalu keras padanya. Dengan memberi pengertian yang baik akan membuat anak menghindari bermain gadget.

Memang tidak mudah mengalihkan gadget dari anak. Namun dengan usaha yang baik dan pendekatan yang menyenangkan, bahaya kecanduan gadget ini bisa dihindari. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Fimela.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 25 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Dedikasi Rumah Faye dalam Memerangi Perdagangan dan Kekerasan Anak di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Selamat, Anak Pertama Dinda Hauw dan Rey Mbayang Telah Lahir