Sukses

Parenting

5 Tips agar Anak Suka Makan Sayur

Fimela.com, Jakarta Semua orangtua tahu bahwa makan buah dan sayur itu penting. Tetapi sebagian besar anak tidak menyukainya. Mereka lebih suka makanan manis, seperti permen dan coklat, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan kegemukan dan anak akan kekurangan nutrisi.

Perlu siasat agar si kecil suka makan sayur. Tentu agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Lalu bagaimana caranya agar anak menyukai sayuran, simak tips berikut ini.

Buatlah Sayuran Terasa Enak

Rasa sayuran yang hambar terkadang tidak terlalu nyaman di lidah anak. Sehingga itu yang membuat mereka tidak menyukai sayuran. Disarankan agar bisa memberikan komposisi yang nyaman pada lidah anak-anak, semisal dengan menambahkan cita rasa umami. Menambahkan garam, gula, merica dan sebagainya salah satunya. Atau bisa menanyakan pada mereka masakan apa yang disukai dan buatkan mereka masakan tersebut dengan kombinasi sayuran di dalamnya.

Jangan Membuat Sayuran Menjadi Camilan

Salah satu cara orangtua menyiasati anak yang tidak makan sayuran ialah dengan menyembunyikan sayuran pada makanan tertentu. Seperti dijadikan camilan atau eksrim agar anak menyukainya. Itu memang tidak salah, tetapi selamanya anak-anak tak akan menyukai sayuran, sebab ia tidak mengetahui apa yang dimakan. Jadi usahakanlah saat orangtua memberi anak-anak sayuran juga menjelaskan nama sayuran tersebut dan manfaatnya, agar anak tidak anti terhadap sayuran.

Biarkan Anak-anak Memilih

Orangtua harus sering bertanya kepada anak tentang sayuran apa yang mereka inginkan. Kemudian siapkan apa yang mereka inginkan, sesederhana itu. Hindari mencampuri atau menilai pilihan mereka, selama itu sayuran tidak ada masalahnya.

Mulailah Lebih Awal

Jika memiliki anak yang masih kecil atau bayi, membuat bubur buatan sendiri dengan sayuran adalah langkah yang tepat. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan rempah-rempah untuk membiasakan anak-anak dengan rasa sayuran. Makanan bayi olahan sering kali memiliki rasa yang sangat ringan dalam hal sayuran sehingga anak akan terbiasa dengan rasanya. Mungkin awalnya mereka akan menolak, tetapi jika terus dibiasakan mereka akan menyukainya.

Jangan Memaksa

Kadang si kecil tidak mau makan sayuran atau makanan lain apa pun yang orangtuanya tawarkan kepada mereka. Berilah mereka kebebasan dan jangan dipaksaka. Ketahuilah bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi jika mereka tidak makan sayuran selama satu hari. Menekan mereka untuk makan sayuran seolah memberi mereka pesan bahwa sayuran adalah sebuah hal buruk yang harus dihindari.

Memang sangat sulit membiasakan anak-anak memakan sayuran. Hal ini juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dalam mendisiplinkan mereka. Tetapi bukan hal yang tidak mungkin, jika orangtua terus telaten dan sabar dalam mengupayakannya. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading

Live Streaming

Powered by