Sukses

Parenting

Tips Mudah Merayu Anak Makan Sayur dan Buah

Fimela.com, Jakarta Agar anak sehat, anak harus rajin mengonsumsi sayur dan buah, karena mengandung gizi dan nutrisi yang seimbang untuk pertumbuhan anak. Namun beberapa orang tua sering kali menghadapi anak, yang susah makan buah dan sayuran, bahkan memiliki anak yang suka memilih-milih makanan.

Sebenarnya ada banyak sekali buah dan sayur, yang sangat bagus dikonsumsi anak-anak. Sehingga orang tua harus pintar merayu anak untuk mengonsumsi buah dan sayur.

Berikut tips mudah untuk merayu anak, agar mau mengonsumsi buah dan sayur, dilansir dari berbagai sumber:

 

Menambah Mentega

Biasanya seorang anak tidak menyukai sayur, karena beberapa jenis sayur memiliki rasa yang hambar, dan rasa yang pahit.

Agar anak mau mengonsumsi buah dan sayur, tips mudah untuk merayu anak, yaitu mencampurkan mentega ke dalam sayuran.

Mentega sangat baik dikonsumsi untuk anak, karena mentega mengandung sumber vitamin A, vitamin E dan vitamin D3 yang baik untuk pertumbuhan anak.

Memberi Buah Musiman

Tips mudah untuk merayu anak, agar mau mengonsumsi buah dan sayuran, Sahabat Fimela bisa memberikan buah yang musiman kepada anak.

Buah memiliki rasa yang manis, tekstur yang lebut, dan memilik warna yang berbeda-beda sehingga bisa membuat anak senang.

Selain memiliki manfaat yang berbeda, buah yang musiman hanya bisa dikonsumsi pada musim tertentu, dan membuat anak menjadi tertarik untuk mengonsumsi buah tersebut di musim tertentu.

Membuat Salad

Anak-anak lebih menyukai sesuatu yang unik. Maka tips mudah untuk merayu anak untuk makan sayur dan buah, Sahabat Fimela bisa membuat kreasi salad buah dan sayur.

Salad buah dan sayur sangat mudah dibuat. Bisa dikreasikan dengan bermacam-macam buah atau sayur, dengan menggunakan saos dan rasa yang berbeda.

Selain membuat kreasi salad, buatlah kreasi minuman dengan bahan dasar buah-buahan dan sayur, seperti membuat jus atau infuse water.

Memberikan Edukasi Terhadap Anak

Anak biasanya memiliki sifat ingin tahu yang berlebihan. Agar anak tertarik mengonsumsi buah dan sayur, Sahabat Fimela bisa memberikan edukasi tentang buah dan sayur.

Ajak anak untuk pergi ke pasar atau ke toko buah dan sayur, untuk memilih buah dan sayur yang ia inginkan. Kemudian jelaskan tentang manfaat dan kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur.

Jika anak sudah mengetahui manfaat buah dan sayur, serta kandungan gizi di dalam buah dan sayur, maka anak akan tertarik untuk mengonsumsi buah dan sayur.

Memberikan Hadiah

Agar anak mudah untuk makan buah dan sayur, rayulah anak dengan menggunakan hadiah, yang diberikan jika anak sudah mengonsumsi buah dan sayur.

Namun jangan dilakukan setiap hari. Agar anak tidak terlalu manja, atau menagih hadiah setiap hari. Berikan hadiah berupa es krim, puding, atau membelikan camilan kesukaan anak.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Homeschooling untuk Anak
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Mengenai Seberapa Umum Penyebaran Virus Corona secara Asimtomatik pada Anak-Anak