Sukses

Parenting

5 Ikan Air Tawar yang Baik untuk Menu MPASI

Fimela.com, Jakarta Memasuki usia 6 bulan, bayi harus memulai tahapan barunya dalam hal makan atau yang dikenal dengan MPASI. Makanan yang lebih padat dari pada susu ini akan membantu bayi mencukupi kebutuhan gizinya yang kian bertambah banyak.

kandungan gizi MPASI pun harus bervariasi seperti memiliki karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Salah satu sumber protein yang dapat dikenalkan pada bayi adalah ikan.

Namun perlu diperhatikan ketika si kecil mengonsumsi ikan, karena dapat menyebabkan alergi. Untuk melihat reaksi alergi, orangtua dapat menerapkan aturan tunggu dan lihat. Jadi berikan anak ikan, jika tidak beraksi apa-apa pada tubuhnya, maka si kecil tidak memiliki alergi.

Namun, jika masih ragu, dapat mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk berkonsultasi tentang hal ini.

Jika anak sudah diketahui tidak memiliki alergi terhadap ikan, orangtua dapat memberikan beberapa ikan untuk MPASI si kecil. Berikut rekomendasinya.

1. Lele

Ikan lele mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Selain itu, ikan ini mengandung poli asam lemak tidak jenuh (PUFA) yang terbentuk dari omega-3 dan omega-6. Ikan lele harus dimasak dengan cara yang sehat, yaitu tidak dimasak terlalu matang, tidak memakai banyak minyak, gula, dan garam.

2. Nila

Ikan nila yang segar juga juga mengandung asam lemak omega 3, dan merupakan sumber protein tanpa lemak. Kandungan protein dalam ikan nila sangat besar. Maka ikan nila sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, karena fungsi protein bisa membantu pertumbuhan sel dan juga organ. Serta mengandung mineral, fosfor, omega 3, dan protein yang baik untuk perkembangan dan kecerdasaan anak.

3. Mujair

Ikan air tawar ini memiliki kandungan gizi yang hampir sama dengan ikan tuna, yakni protein, lemak omega 3, fosfor, sodium, kalium dan selenium.

4. Gurame

Ikan air tawar juga mengandung banyak zat gizi. Sekali pembuatan MPASI (50 gram), bayi akan mendapatkan protein dari ikan ini sebanyak 9 gram. Gurame memiliki tekstur yang kenyal dan tak terlalu banyak duri, sehingga mudah diolah sebagai bahan MPASI.

5. Mas

Ikan mas atau Ikan karper (Cyprinus carpio) adalah ikan air tawar yang bernilai ekonomis penting dan sudah tersebar luas di Indonesia yang mengandung lemak, kalsium, zat besi dan lemak. Baik untuk MPASI si kecil, namun hati-hati dengan durinya.

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mengoptimalkan Perkembangan Anak Toddler dan Prasekolah
Artikel Selanjutnya
Protokol Kesehatan Covid-19 di Sekolah Saat Tahun Ajaran Baru 2020