Sukses

Parenting

6 Tips Mengajarkan Kebiasaan Makan Sehat pada Anak Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Dengan mengajari anak kebiasaan makan yang sehat dan mencontohkan perilaku ini dalam diri orangtua, Mom dapat membantu anak mempertahankan berat badan yang sehat dan pertumbuhan yang normal. Selain itu, kebiasaan makan yang dilakukan anak saat mereka masih kecil akan membantu mereka mempertahankan gaya hidup sehat saat mereka dewasa.

Beberapa aspek terpenting dari makan sehat adalah mengontrol porsi dan mengurangi berapa banyak lemak dan gula yang dimakan atau diminum oleh anak. Berikut ini adalah beberapa tips membantu untuk membuat kebiasaan makan sehat bagi anak sejak dini.

Pilih Makanan Sehat untuk Keluarga

Buatlah berbagai macam makanan sehat tersedia di rumah. Latihan ini akan membantu anak belajar bagaimana membuat pilihan makanan yang sehat. Tinggalkan pilihan yang tidak sehat seperti keripik, soda, dan jus di toko bahan makanan.

Dorong untuk Makan Secara Perlahan

Seorang anak dapat mendeteksi rasa lapar dan kenyang dengan lebih baik saat mereka makan dengan lambat. Sebelum menawarkan bantuan atau sajian kedua, minta anak menunggu setidaknya 15 menit untuk melihat apakah mereka benar-benar masih lapar. Ini akan memberi waktu otak untuk mengindentifikasi rasa kenyang.

Makan Bersama Keluarga

Makan bersama sebagai satu keluarga sesering mungkin. Usahakan untuk membuat waktu makan menyenangkan dengan percakapan dan berbagi, bukan waktu untuk memarahi atau berdebat. Jika waktu makan tidak menyenangkan, anak-anak dapat mencoba makan lebih cepat untuk meninggalkan meja sesegera mungkin. Mereka kemudian mungkin belajar mengasosiasikan makan dengan stres.

Ajak Anak untuk Berbelanja

Libatkan anak dalam berbelanja makanan dan menyiapkan makanan. Kegiatan ini akan memberi Mom petunjuk tentang preferensi makanan anak, kesempatan untuk mengajari mereka tentang nutrisi. Selain itu, anak-anak mungkin lebih mau makan atau mencoba makanan yang mereka bantu persiapkan.

Rencanakan Membuat Camilan

Mengemil terus-menerus dapat menyebabkan makan berlebihan, tetapi makanan ringan yang direncanakan pada waktu tertentu di siang hari dapat menjadi bagian dari makanan bergizi, tanpa merusak nafsu makan anak pada waktu makan. Mom harus membuat camilan bergizi mungkin, tanpa sesekali menghalangi anak-anak untuk makan keripik atau kue. Dapatkan camilan sehat untuk anak.

Dorong Anak untuk Minum Air Putih

Dorong anak untuk minum lebih banyak air. Konsumsi minuman kemasan dan soda yang dimaniskan secara berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan angka obesitas pada anak-anak.

Nah, berikut tadi beberapa tips yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk mendorong anak melakukan kebiasaan makan sehat.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading