Sukses

Parenting

4 Trik Rahasia yang akan Membantu Anak tetap Fokus saat Sekolah Online

Fimela.com, Jakarta Sekolah daring atau online membuat orangtua harus ekstra dalam mengawasi anak-anaknya pada saat proses pembelajaran. Sebab, tidak semua anak paham akan konsekuensi dari sekolah online tersebut.

Bisa jadi beberapa anak jika melakukan sekolah di rumah membuat mereka merasa bebas melakukan apa pun. Apalagi dengan adanya masalah lain seperti anak yang gampang bosan saat harus seharian berada di depan layar.

Jadi berikut ini adalah beberapa tips bagi orangtua untuk memanajemen anak-anak agar tetap fokus saat sekolah online. Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Buatlah Kesepakatan dengan Anak

Perjanjian pembelajaran adalah dokumen yang orangtua buat dengan anak untuk menetapkan pedoman tahun sekolah. Orangtua dan anak sama-sama sepakat, dengan konsekuensi harus dipatuhi bersama.

Minta anak untuk mempertimbangkan apa yang harus mereka lakukan, misalnya mencapai target membaca harian mereka. Dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk beristirahat atau bermain. Hal ini bertujuan ini agar anak tahu berapa banyak waktu yang harus dialokasikan untuk setiap kegiatan.

Lakukanlah Pengawasan

Anak-anak akan membutuhkan bantuan orangtua untuk memastikan waktu bermain tidak menghabiskan waktu sekolah. Sebba, orangtua tidak dapat memantau semuanya sekaligus, terutama ketika anak-anak menghabiskan begitu banyak waktu untuk online.

Jadi, anak mungkin memerlukan perhatian ekstra, dukungan, dan ketenangan pikiran yang ditawarkan oleh kontrol orang tua. Jelaskan mengapa orangtua harus mengontrol selama ia belajar agar anak tidak merasa terkekang.

Mengatur Waktu Beristirahat

Siapkan zona dan waktu bebas perangkat untuk anak. Buatlah waktu istirahat dengan membuat beberapa tempat di rumah untuk melarang penggunaan teknologi, seperti gadget. Ini memberi setiap orang waktu istirahat yang dibutuhkan dan momen untuk berpikir lebih dalam tentang perangkat apa yang bagus dan tidak begitu baik.

Jelaskanlah pada anak, teknologi memungkinkan kami melakukan banyak hal, tetapi waktu beristirahat penting bagi keluarga untuk terhubung tanpa perangkat dan dapat menikmati tempat khusus tanpa gangguan yang berasal dari luar.

Menjaga Kesehatan

Sekolah online mengharuskan anak akan lebih sering berada di depan layar komputer. Jadi agar tetap sehat, ajaklah anak untuk melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan-jalan atau olahraga ringan. Latihan fisik ini boleh tidak dilakukan setiap hari, tetapi pastikan bahwa anak mencapai keseimbangan aktivitas online dan offline sepanjang minggu.

Orangtua dapat memasukkan aktivitas fisik ke dalam waktu keluarga atau membiarkan anak bertanggung jawab atas olahraga mereka sendiri. Karena mereka mungkin memiliki beberapa aktivitas olahraga favorit yang menyenangkan untuk dilakukan.

Demikianlah beberapa tips untuk memajemen waktu anak saat mereka harus sekolah secara online. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading