Sukses

Parenting

Jangan Memarahi Anak Menyobek Kertas, Ternyata Ada Manfaatnya

Fimela.com, Jakarta Orangtua tidak perlu mainan mahal untuk menyibukkan bayi atau balita yang sedang aktif. Merobek kertas menjadi potongan-potongan kecil bisa menyenangkan dan memuaskan bagi mereka.

Tindakan merobek mendorong keterampilan jari dan koordinasi yang bemanfaat. Balita akan belajar memegang kertas di antara ibu jari dan jari telunjuk dari masing-masing tangan, lalu menggerakkan masing-masing tangan ke arah yang berbeda.

Orangtua dapat menggunakan jenis kertas apa pun. Jelaskan kepada anak, bahwa ini adalah kertas yang disobek berbeda dengan buku dan barang kertas lainnya yang harus dijaga dengan hati-hati. Bantu mereka menempelkan kertas robek untuk membuat gambar sederhana, seperti bentuk bunga atau hewan. 

Tidak hanya menyenangkan, namun kegiatan menyobek kertas juga bermanfaat bagi perkembangan motorik anak. penasaran seperti apa?Ini dia penjelasannya.

 

Manfaat Menyobek Kertas

Beberapa manfaat dar menyobek kertas ini, antara lain: membentuk kekuatan tangan, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, meningkatkan kemampuan tangan untuk bekerja sama dan meningkatkan keterampilan dasar yang memungkinkan anak-anak untuk menulis dan menggunakan gunting.

Beberapa Keuntungan Lainnya

Pemainan dari kertas ini juga sangat murah karena bisa menggunakan kertas bekas atau kertas yang tak terpakai. Gunakanlah sisa-sisa kertas dan ini akan otomatis membantu mengurangi limbah.

Proyek seni dan kerajinan yang menggunakan kertas sobek tidak akan membantu anak-anak lebih kreatif. Karena ia akan lebih gampang berkreasi sesuai dengan keinginannya karena sobekan kertas bisa dijadikan apa saja yang menuntut mereka menggunakan imajinasinya.

Bisa dilakukan di luar rumah. Sangat mudah untuk mempersiapkan aktivitas dari kertas, karena kertas sangat simple dan mudah dibawa ke mana-mana. Sehingga orangtua juga tidak perlu cemas anak-anak akan merasa bosan saat diajak berpergian, karena memiliki hal yang seru untuk dilakukan. Namun, ingatkan anak untuk menjaga sampahnya.

Melatih Anak Melakukan Hal yang Lebih Rumit

Merobek kertas mungkin tampak seperti hal yang membosankan untuk dilakukan orang dewasa, tetapi untuk balita, ini sangat menyenangkan dan juga diperlukan untuk perkembangan otot jari anak.

Kertas sobek membantu anak untuk meningkatkan cengkeramannya pada kertas dan melatih anak untuk tindakan yang lebih rumit seperti membuka dan menutup ritsleting dan merobek roti menjadi potongan-potongan kecil.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat dari kegiatan merobek kertas untuk anak-anak. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Serba Nggak Menentu Bikin Anak Penasaran, Saatnya Berikan Pemahaman Sederhana
Artikel Selanjutnya
Mengenal Tentang Speech Delay, Penyebab dan Cara Mengatasinya Menurut Ahli