Sukses

Parenting

Cara Menghitung Kebutuhan Minum Bayi Berdasarkan Berat Badan

Fimela.com, Jakarta ASI yang sesuai direkomendasikan sebagai sumber nutrisi utama sekaligus memenuhi kebutuhan minum bayi yang berusia kurang dari 12 bulan. ASI menjadi pilihan yang paling baik namun susu formula menjadi satu-satunya alternatif untuk memenuhi kebutuhan minum bayi jika ASI tidak tersedia.

Selain memerhatikan jenis atau sumber nutrisinya, ibu juga perlu memahami seberapa banyak kebutuhan minum bayi dalam satu hari. Dengan memenuhi kebutuhan minum harian bayi akan membantu metabolisme tubuhnya sekaligus memaksimalkan proses tumbuh kembang.

Dilansir dari Better Health, bayi dengan usia lima hari hingga tiga bulan membutuhkan sekitar 150 ml asi atau susu formula untuk setiap perkilogram berat badan setiap harinya. Itu artinya bayi dengan berat 3kg membutuhkan 150ml asi atau susu formula setiap hari.

 

Kebutuhan minum bayi

Sedangkan bayi usia 3-6 bulan membutuhkan 120ml asi atau susu formula per-kilogram berat badan. Pada usia 6-12 bulan membutuhkan antara 90-120ml asi atau susu formula per-kilogram berat badan setiap harinya.

Pada bayi prematur bisa membutuhkan lebih banyak asi atau susu. Biasanya membutuhkan sekitar 160-180ml asi atau susu formula per-kilogram setiap harinya. Namun untuk memastikannya, lebih baik konsultasi ke dokter anak sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Mendapatkan Vaksin COVID-19 sebelum Berinteraksi dengan Bayi yang Baru Lahir
Artikel Selanjutnya
Kenali Apa Itu Tantrum pada Bayi dan Bagaimana Cara Mengatasinya