Sukses

Parenting

5 Trik Bermanfaat Bagi Ibu yang Menyusui Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Hanya hitungan beberapa hari, umat Muslim akan memasuki bulan Ramadan dan bagi seorang yang sudah balig diwajibkan untuk melaksanakan puasa sebulan penuh. Tetapi bagaimana dengan perempuan yang sedang menyusui?

Menurut beberapa ijtihad para Ulama Muslim, ibu yang hamil dan menyusui dengan kondisi yang tidak memungkinkan diberikan keringanan untuk tidak melaksanakan puasa dan bisa diganti di kemudian hari.

Tetapi menurut sains, tidak ada cukup penelitian untuk menunjukkan bagaimana puasa dapat memengaruhi menyusui. Tetapi studi yang dilakukan pada subjek menunjukkan bahwa ada perbedaan yang mencolok dalam hubungan menyusui selama puasa. Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat menyebabkan penyapihan dini dan penghentian menyusui secara tiba-tiba.

Kandungan lemak dalam ASI tidak berubah saat berpuasa sehari. Tetapi hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk durasi puasa yang lebih lama dan puasa bisa menyebabkan kekurangan nutrisi lain pada ASI.

 

Tips Bagi Ibu yang Menyusui di Bulan Puasa

Bagi Sahabat Fimela yang sedang menyusui dan tetap melaksanakan puasa, berikut adalah beberapa tips membantu yang bisa diterapkan selama menyusui di bulan puasa. Ini dia tipsnya.

Pilih Asupan Makanan yang Baik

Saat menyusui, pastikan dirimu mendapatkan nutrisi yang tercukupi dari pola makan yang baik. Jika mengurangi beberapa jenis makanan tertentu, seperti daging atau bahan protein lainnya maka carirah alternatif lain dengan menggantinya menggunakan suplemen.

Minumlah Sebanyak Mungkin

Menyusui bisa membuatmu haus. Jadi, pastikan untuk mendapat cukup cairan. Ini penting terutama selama bulan-bulan musim panas untuk menghindari dehidrasi. Jika, tidak bisa minum air saat berpuasa, pastikan untuk meminumnya dalam jumlah yang cukup sebelum dan sesudah berpuasa (saat sahur dan berbuka puasa).

Tundalah Tugas Berat

Sebisa mungkin saat puasa untuk menunda pekerjaan rumah atau pekerjaan lainnya yang menghabiskan banyak energi untuk nanti. Sebab, menyusui juga bisa lebih menghabiskan energi seseorang, sebaiknya perbanyaklah istirahat dan tidurlah dengan waktu yang cukup agar tubuh tetap bugar.

Istirahat Lebih Banyak

Menyusui bisa melelahkan apalagi jika ditambah dengan berpuasa, itu bisa menjadi sangat sulit. Jadi, istirahatlah ketika ada waktu luang dan gunakan waktu sebanyak mungkin untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Awasi Kondisi Bayi

Ada kemungkinan kecil bahwa bayi mungkin mendapatkan lebih sedikit ASI saat ibu berpuasa. Jadi awasilah bayi dengan baik. Jika melihat lebih sedikit popok basah, kotoran kehijauan, penurunan berat badan, sebaiknya segera bicarakan dengan dokter agar segera diberikan pengangan medis.

Demikianlah beberapa tips yang bisa diterapkan bagi ibu menyusui yang menjalankan puasa. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sering Menangis dan Mengamuk
Artikel Selanjutnya
5 Cara Jitu yang Bikin Anak Punya Mental Kuat