Sukses

Parenting

Apakah Puasa selama Menyusui akan Mengganggu Kesehatan Ibu?

Fimela.com, Jakarta Sebelum memutuskan puasa, ibu menyusui memang harus tahu seperti apa kemampuan tubuhnya dan kondisi kesehatannya. Jika tidak memungkinkan menjalankan puasa, agama Islam tidak memaksakan untuk tetap menjalankan puasa Ramadan, karena bisa dibayarkan dengan fidyah.

Namun jika ibu menyusui memutuskan puasa, tentu akan sangat baik karena tetap menjalankan ibadah. Meski demikian, ada banyak kekhawatiran yang dipikirkan ibu-ibu ketika menyusui sambil puasa, salah satunya adalah apakah menyusui selama puasa akan mengganggu kesehatan?

Secara alami, tubuh akan menyesuaikan diri ketika puasa dan harus menyusui. Namun setiap tubuh memiliki kemampuan menyesuaikan diri yang berbeda. Tetap ada efek yang akan dirasakan tubuh jika ibu menyusui sambil puasa, salah satunya adalah risiko mengalami gula darah rendah, seperti dilansir dari Baby Centre UK.

Beberapa efek samping menyusui sambil puasa yang bisa dirasakan:

  1. Sangat haus tak tertahankan
  2. Mudah lelah dan lemas
  3. Pusing dan pening karena dehidrasi
  4. Tidak kuat beraktivitas dan mudah mengantuk

Hal ini umumnya terjadi jika ibu tidak cukup makan dan minum selama waktu berbuka hingga sahur, memiliki berat badan kurang dan memiliki penyakit yang mudah membuatnya lemah. Jika ibu menyusui merasakan sekian gejala fisik di atas, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berpuasa. Segera minum air dan mengonsumsi makanan bergizi.

Sebisa mungkin selalu utamakan kesehatan tubuh dan nutrisi yang harus diberikan kepada si kecil ya Moms.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading