Sukses

Parenting

Kenali 6 Tanda Anak Tumbuh Gigi yang Harus Diketahui Orangtua

Fimela.com, Jakarta Seorang anak akan mengalami masa tumbuh gigi. biasanya, tumbuh gigi terjadi di usia empat hingga enam bulan. Dan umunya, gigi yang muncul ialah dua gigi depan atau gigi seri di gusi bagian bawah. Ketika bayi tumbuh gigi, maka biasanya si kecil akan jadi rewel. 

Lalu, apa saja sih tanda si kecil sedang tumbuh gigi? Simak tandanya berikut ini. 

1. Gusi Bengkak

Ingin tahu apakah si kecil sedang tumbuh gigi atau tidak? maka cobalah membuka mulutnya secara perlahan. Bayi yang sedang tumbuh gigi umumnya mengalami gusi bengkak dan kemeraha, dan tampak memar. Kondisi ini menandakan si kecil akan tumbuh gigi. 

2. Mulai menggigit barang sekitarnya

Hal lainnya yang menandakan si kecil sedang tumbuh gigi adalah di saat ia gusinya mulai gatal, sehingga ia kerap menggigit benda yang ada di sekitarnya. 

3. Banyak mengeluarkan air liur

Hal lainnya juga ditandai dengan banyaknya mengeluarkan air liur. Kondisi ini disebabkan oleh gerak otot mulut bayi selama proses tumbuh gigi

4. Ruam di sekitar mulut

Hal lainnya adalah terjadinya ruam di sekitar mulut. Hal ini disebabkan oleh produksi air liur berlebih akibat mulut yang menjadi lembap. 

5. Kurangnya nafsu makan

Nafsu makan turun juga bisa menjadi penyebab gigi yang akan tumbuh. Akibat gusi yang terasa nyeri, bayi biasanya malas makan dan minum. Jika terjadi, tandanya si kecil mulai menandakan tumbuh gigi. 

6. Demam

Selain hilangnya nafsu makan, peradangan gusi yang terjadi saat gigi mulai tumbuh bisa membuat bayi mengalami demam. Jika suhu tubuh si kecil mencapai 38o Celsius atau demam berlangsung lebih dari 2 hari.

 

#Elevate Women

Loading