Sukses

Parenting

5 Cara Mengatasi Anak Tumbuh Gigi agar Tidak Demam

Fimela.com, Jakarta Tumbuh gigi menjadi salah satu proses perkembangan anak. Umumnya, gigi bayi mulai terlijat pada usia 6 bulan, pada dua bagian bawah paling depan, diikuti dua gigi atas di bagian depan. 

Pertumbuhan gigi akan berlanjut sampai anak berusia sekitar 2,5 sampai 3 tahun, hingga gigi-gigi tersebut lengkap. Namun, saat tumbuh gigi si kecil justru lebih rewel dikarenakan gusi gatal dan sakit. Hingga tak jarang si kecil menjadi demam. 

Ada beberapa tanda dan gejala tumbuh gigi pada si kecil, seperti pipi memerah serta ruam pipi, kehilangan nafsu makan, mengeluarkan air liur yang banyak, hingga sulit tidur nyenyak

Melansir berbagai sumber, berikut ini beberapa cara untuk mengurangi rewel dan menghindari demam saat si kecil tumbuh gigi. Berikut ulasannya

 

1. Teether

Teether atau mainan gigi anak bisa digunakan untuk meredakan gatal pada gigi anak. Sebelum memberikannya, pastikan teether bersih ketika karena akan dimasukan ke dalam mulut anak. Beberapa teether dapat didinginkan lebih dulu di dalam lemari pendingin, baru kemudian digunakan. Namun hindari meletakkan teether di dalam freezer agar tidak membahayakan gusi bayi.

2. Camilan

Selain teether, juga bisa diberikan camilan sehat. Bisa berupa cracker, potongan wortel, apel, atau timun. Untuk menghidari gigi lebih sakit, jangan berikan camilan mengandung gula seperti permen dan cokelat.

3. Usap gusi bayi

Saat tumbuh gigi, gusi bayi biasanya akan membengkak dan terasa sakit. Orangtua bisa meredakan rasa sakit itu dengan mengusap gusi dengan jari dan kain flanel kecil yang lembut. 

Basahi kain dengan air, dan pastikan kain bersih. Tekanan ringan ini diharapkan akan membuat bayi lebih nyaman.

4. Berikan ASI

Saat terjadi peningkatan suhu, hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah cairan. Cairan yang banyak dapat membantu menurunkan demam pada bayi. Moms bisa memberikannya ASI lebih banyak dari biasanya ketika demam muncul.

5. Membuat anak tetap sejuk

Usahakan suhu ruangan kamar bayi berkisar antara 18-23 derajat Celcius supaya ia merasa sejuk dan tidak kegerahan. Serta pilihlah baju yang lebih nyaman dan tipis.

 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading