Sukses

Parenting

Tidak Sulit, Ini 4 Langkah Efektif Membiasakan Anak Menyikat Gigi

Fimela.com, Jakarta Cukup sulit untuk membuat anak-anak tidur tanpa stres tambahan karena harus menyikat gigi. Membentuk kebiasaan perawatan mulut yang baik sejak usia muda sangat penting untuk perkembangan anak, tetapi ini bukanlah tugas yang mudah untuk diselesaikan. Namun, di mana ada kemauan, di situ ada jalan.

Berikut ini adalah beberapa ide pengasuhan anak yang kreatif untuk membiasakan anak-anak menyikat gigi dengan baik. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Berikanlah Contoh yang Baik

Biarkan anak-anak menonton saat orangtua melakukan rutinitas membersihkan gigi. Berikanlah contoh membersihkan gigi yang baik, termasuk menyikat lidah, menyikat gusi Anda dan raih gigi belakang menggunakan sikat gigi.

Gunakan gerakan yang berlebihan untuk menunjukkan kepada anak dengan sangat jelas setiap langkah penting dalam proses menyikat gigi. Pastikanlah bahwa orangtua telah melakukan pekerjaan yang berkualitas, dan usahakan untuk terlihat sangat senang dan bangga atas manfaat yang didapatkan dari proses menyikat gigi.

Biarkan Anak Berlatih pada Orang Lain

Ini mungkin sedikit tidak nyaman bagi orangtua, tetapi jika berhasil, hasilnya akan sepadan.Jika orangtua sudah lelah melawan anak memaksa mereka menyikat gigi, maka biarkanlah mereka berlatih pada orangtua sendiri. Misalnya pada ayahnya, mintalah pada ayahnya untuk membuka muluit dan biarkan anak menyikat mulut ayahnya.

Jika berlatih pada orangtua langsung bukanlah pilihan yang ideal, dorong anak untuk berlatih dengan boneka binatang atau boneka lainnya. Sehingga anak akan dapat berlatih menyikat gigi sambil bermain. Menyikat gigi akan terasa jauh lebih menyenangkan jika melibatkan mainan.

Hadiahi Anak karena Menyikat Gigi

Gunakanlah hadiah untuk menjaga anak agar menyikat gigi setiap hari. Pertama-tama, anak-anak menyukai warna cerah yang menyenangkan dari sikat gigi elektrik, ini terlihat dan terasa seperti mainan yang keren.

Selanjutnya, kuas tersebut menggabungkan dua wajah "emotikon" - wajah tersenyum dan wajah sedih. Saat anak menyikat giginya selama dua menit penuh, emotikon smiley menyala untuk memberi penghargaan atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik. Jika 12 jam berlalu tanpa menit menyikat, smiley berubah menjadi cemberut. Hadiah menarik seperti ini akan memotivasi mereka agar rajin menyikat gigi.

Membuat Permainan

Salah satu trik kreatif untuk mendorong menyikat gigi adalah dengan memimpikan sebuah cerita: bicarakan tentang "kutu gula" imajiner yang menyerang mulut anak. Satu-satunya cara untuk mengalahkan kutu gula adalah mempertahankan mulut dengan sikat gigi dan pasta gigi.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menakut-nakuti anak bahwa di dalam mulutnya penuh dengan serangga, karena ini bisa memyebabkan trauma pada beberapa anak. Atau jika cerita tidak efektif untuk anak, buatlah semacam perlombaan, siapa yang paling sering dan paling lama menyikat gigi.

Demikianlah beberapa cara kreaktif untuk membiasakan anak menyikat gigi dengan baik. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading