Sukses

Parenting

5 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Salah satu gangguan kesehatan yang dialami ibu hamil adalah perut kembung. Kondisi perut kembung ini membuat perut menjadi tidak nyaman dan terasa begah, bahkan bisa membuat nafsu makan menjadi menurun.

Perut kembung ini disebabkan karena adanya penumpukan di dalam perut ibu hamil, karena produksi hormon progesteron di dalam tubuh meningkat, yang membuat sistem pencernaan menjadi terganggu.

Perut kembung yang biasanya muncul diusia kandungan 29 minggu ini, juga bisa disebabkan karena ukuran rahim membesar dan adanya perlambatan dalam sistem pencernaan. Untuk mengatasi kondisi ini, simak artikel berikut ini yang akan membahas tentang cara mengatasi perut kembung saat hamil.

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil

Perut kembung saat umum terjadi pada ibu hamil, saat usia kandungan memasuki minggu ke 29. Hal ini disebabkan karena usia kandungan semakin membesar yang memperlambat sistem pencernaan.

Penyebab perut kembung saat hamil adalah janin di dalam kandungan semakin membesar, yang menekan rongga perut ibu. Kondisi ini yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lambat fungsinya saat mengolah makanan.

Perut kembung ini bisa disebabkan karena hormon progesteron meningkat, serta ada banyak gas di dalam perut. Gas yang ada di dalam perut ini muncul, saat bakteri di dalam usus mengolah sisa makanan di dalam perut.

Selain disebabkan karena adanya penumpukan gas, stres bisa membuat perut menjadi kembung. Hal ini disebabkan karena tanpa disadari, orang yang sedang cemas lebih sering mengonsumsi udara seperti saat menghela napas saat cemas.

Cara Mengatasi Perut Kembung Saat Hamil

1. Minum Air Putih

Cara mengatasi perut kembung saat hamil yang pertama, yaitu mengonsumsi air putih minimal 10 gelas perhari saat hamil. Air putih bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain air putih, konsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka dan jeruk, agar tidak dehidrasi.

2. Rajin Olahraga

Walaupun sedang hamil, tetapi olahraga harus tetap dilakukan agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Olahraga juga bisa membantu mengatasi perut kembung saat hamil. Olahraga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit, sehingga gas yang ada di dalam perut bisa keluar. Olahraga yang cocok untuk ibu hamil adalah olahraga intensitas sedang, seperti yoga, jalan cepat, jogging dan semacamnya.

3. Mengonsumsi Serat

Banyak mengonsumsi serat juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga gas yang menyebabkan perut kembung, tidak menumpuk di dalam perut dan usus. Makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi ibu hamil adalah gandum, pisang, buah plum, sayuran hijau dan lain sebagainya.

4. Mengonsumsi Makanan dengan Porsi Kecil dan Pelan-Pelan

Cara mengatasi perut kembung yang selanjutnya, yaitu mengonsumsi makanan dengan porsi kecil atau sedikit demi sedikit, kemudian mengunyah makanan dengan pelan-pelan. Karena kalau terlalu banyak mengonsumsi makanan, sistem pencernaan akan susah untuk mengolah makanannya. Sedangkan kalau makan dengan cepat-cepat, bisa menyebabkan udara yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak.

5. Kurangi Susu

Cara mengatasi perut kembung yang terakhir, yaitu mengurangi konsumsi susu dan olahan susu lainnya. Karena ada beberapa orang yang intoleransi laktosa. Orang yang intoleransi terhadap laktosa, bisa mengalami gangguan pencernaan seperti perut kembung dan diare.

Hal yang Harus Dihindari Agar Perut Tidak Kembung

Ada beberapa hal yang harus dihindari agar perut tidak kembung saat hamil. Lebih baik ibu hamil mengurangi konsumsi fruktosa atau gula yang berasal dari buah-buahan. Walaupun buah-buahan menyehatkan, tetapi ada sebagian buah yang memiliki kandungan tinggi gula dan menyebabkan perut kembung, seperti buah biji, apel, pir, melon dan semacamnya.

Selain itu, hindari makanan yang tinggi lemak pada saat hamil. Karena makanan berlemak bias membuat sistem pencernaan lebih lambat saat mengolah makanan, sehingga membuat perut menjadi kembung dipenuhi dengan gas.

Hal terakhir yang harus dihindari agar perut tidak kembung, yaitu mengurangi mengonsumsi minuman yang tinggi gula, hindari mengonsumsi minuman bersoda, hindari mengonsumsi alkohol dan hindari aktivitas merokok.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Teh Rooibos bagi Kesehatan, Minuman yang Kaya Antioksidan
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Camilan Berprotein Tinggi dan Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh