Sukses

Parenting

6 Perubahan pada Tubuh dalam 3 Bulan Pertama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Setelah menikah, hamil dan memiliki momongan menjadi hal yang diharapkan terjadi pada banyak perempuan. Ketika akhirnya dinyatakan hamil, seorang perempuan yang menjadi calon ibu pun akan mengalami sejumlah perubahan dalam tubuhnya. Memahami perubahan yang terjadi pada tiap trimester kehamilan pun menjadi salah satu cara untuk bisa lebih percaya diri dalam menghadapi bulan-bulan kehamilan berikutnya.

Pada trimester pertama kehamilan atau tiga bulan pertama kehamilan, tubuh ibu akan mengalami sejumlah perubahan. Mengutip buku Prenatal Gentle Yoga, tubuh banyak berubah dalam tiga bulan pertama kehamilan, mulai dari mual, nyeri punggung, mudah lelah, sering berkemih, konstipasi, hingga perubahan suasana hati. Secara umum ada enam perubahan yang terjadi pada ibu hamil dalam tiga bulan pertama kehamilan. Selengkapnya, mari simak uraiannya di bawah ini.

1. Mual dan Muntah

Kenapa saat hamil muda seirng mual dan muntah? Hal ini terjadi karena adanya peningkatan hormon estrogen. Biasanya mual cenderung parah di pagi hari. Untuk mengatasi gejala ini, disarankan untuk memilih makanan yang rendah lemak dan mudah dicerna, serta hindari makanan yang mengandung bau yang merangsang muntah. Minum air hangat atau air rebusan jahe juga bisa membantu meredakan gejalanya.

2. Sering Berkemih

Sering buah air kecil pada trimester pertama kehamilan terjadi karena rahim yang membesar sehingga menekan kandung kemih. Agar terhindar dari infeksi saluran kencing, jangan sampai menahan buang air kecil, ya. Hindari minuman berkafein karena sifatnya yang diuresis (merangsang buah air kecil).

3. Nyeri atau Tegang pada Payudara

Payudara terasa lebih penuh dan berat serta sensitif karena adanya peningkatan produksi hormon estrogen. Untuk meredakan nyeri atau tegang pada payudara, bisa dibantu dengan pemilihan dan pemakaian bra yang tepat, seperti supportive bra dan sports bra. 

4. Tubuh Mudah Capek

Karena kondisi tubuh sedang mempersiapkan diri untuk mendukung kehamilan, maka yang terasa akan mudah capek dan lelah. Denyut jantung bisa terasa lebih cepat karena jantung memompa darah lebih kuat dan cepat. Selain istirahat yang cukup, penting untuk mencukupi kebutuhan protein dan zat besi yang cukup setiap harinya.

5. Nyeri Ulu Hati dan Sembelit

Nyeri ulu hati dan susah buang air besar juga kerap dialami ibu hamil di trimester pertama kehamilan. Proses penyerapan makanan akan lebih lambat karena gerakan mendorong makanan dari kerongkongan ke lambung berjalan agak lambat dari biasanya. Serta, lambung juga akan lambat koosong. Agar terhindari dari nyeri ulu hati, penting untuk senantiasa makan rutin dengan porsi sedikit dan perbanyak minum serta makan makanan berserat. Hindari minuman bersoda, makanan asam, makanan pedas, dan gorengan.

6. Pusing

Ibu hamil mungkin akan mengalami sempoyongan atau pusing di trimester pertama kehamilannya. Pemicunya bisa karena stres, kelelahan, dan lapar. Hindari posisi berdiri terlalu lama. Saat akan berdiri dari posisi duduk atau jongkok, lakukan dengan perlahan.

Itu tadi enam perubahan umum yang terjadi pada ibu hamil di trimester pertama. Bila ada keluhan atau gejala yang tak biasa, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter atau bidan, ya. Semoga informasinya bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk Kondisi Mental Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil