Sukses

Parenting

Peluncuran Aksi Nasional PAUD Holistik Integratif dari 5 Kementrian

Fimela.com, Jakarta Tumbuh kembang anak adalah hal yang harus diperhatikan, hal ini berkenaan dengan perkembangannya hingga dewasa nanti di mana mempersiapkan ia untuk bisa menghadapi tantangan di masa depan. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk menaruh dasar pendidikan anak sehingga ia siap memasuki jenjang pendidikan formal yang akan dihadapi. 

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan bisa dimulai sejak dini. Apalagi dengan Kehadiran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di tiap desa dan daerah yang telah dibuat oleh pemerintah. 

Agar prosesnya bisa berjalan lebih efektif, maka pemerintah melalui lima kementrian Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Bappenas, Kemendikbud, Kemendagri, dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kemen PP PA) meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) hari ini, 24 Juni 2021 di Jakarta yang digelar secara daring.

PAUD Holistik Integratif

Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD Holistik Integratif, sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya aspek Holistik Integratifnya anak usia dini. Yaitu hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.

PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat.

Tujuannya secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. Program ini menurut Ir. Subandi MSC, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Bappenas harus terintegrasi dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas generasi Indonesia.

untuk wujudkan masa depan anak yang lebih baik

" Ini merupakan perjalanan panjang, 2008 Bapenas menginisiasi PAUD, yang kita perhatikan adalah kebutuhan esensial anak, harus sehat, terpenuhi gizinya, mendapat akses pelajaran yang baik, mendapat pengasuhan yang baik, mendapatkan perlindungan. Kami melakukan perbaikan, yang kita harapkan bisa menjadi panduan Kementerian Lembaga dan pemerintah daerah dalam melakukan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif. Harus terintegrasi, kalau tidak terintegrasi ini tidak jalan," ujar Subandi dalam peluncuran RAN PAUD HI, 24 Juni 2021.

Rupanya, rencana ini juga diapresiasi oleh Puan Maharani selaju ketua DPR. Puan berharap, aksi ini bisa membangun pribadi-pribadi yang berkualitas di Indonesia. 

 

 

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading