Sukses

Parenting

5 Cara Self-care Bagi Orangtua yang Merasa Lelah dan Stres Selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Selama masa pandemi ini, dan dimulainya kebijakan pemberlakuan work from home (WFH), membuat orangtua, khususnya orangtua yang telah memiliki anak menjadi kelelahan dan stres karena mengurus dua pekerjaan sekaligus, yakni pekerjaan kantornya, serta pekerjaan sebagai orangtua. 

Biasanya, para orangtua yang mengalami masa-masa ini, akan lebih stres dan merasa kesulitan dalam membagi waktu antara mengurus pekerjaan, anak, dan mengurus diri sendiri. Poin yang ketiga bahkan sering dilupakan, karena dirasa bukan menjadi prioritas ketika mereka ada di posisi itu. 

Padahal, perawatan diri atau self-care merupakan suatu hal yang penting. Banyak orang yang menilai bahwa self-care adalah suatu hal yang egois, padahal nyatanya, itu adalah bagaimana kita menjaga diri kita dengan baik, untuk memastikan kita secara fisik, emosional, dan mental mampu untuk mengurus semua pekerjaan kantor urusan rumah tangga sekaligus. 

Ini merupakan sebuah tantangan, tetapi, sebagai orangtua, cara terbaik untuk membantu anak menjadi yang terbaik adalah dengan menjaga diri sendiri. 

Dilansir dari Child Mind Institute dan Zero to Three, berikut 5 cara yang disarankan oleh psikolog klinis untuk kamu gunakan sebagai self-care di tengah kesibukan dan stres sebagai orangtua selama pandemi ini.

1. Perhatikan bagaimana perasaanmu

Kecemasan, kekhawatiran, dan kesedihan adalah respons normal selama pandemi karena nyatanya kita hidup di tengah ketidakpastian. Kamu mungkin merasa kewalahan dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan, atau bahkan kesal dalam situasi di mana kamu biasanya harus bersabar. 

Luangkan waktumu untuk memperhatikan bagaimana perasaanmu, dan berhenti sejenak serta merenung sebelum menanggapi anak ataupun pekerjaan kantor yang harus diselesaikan. 

Saat kamu perlu lebih tenang, cobalah mengambil beberapa napas dalam-dalam untuk menjernihkan pikiran. Kamu juga bisa mencoba untuk melakukan relaksasi untuk mengembalikan rasa tenang kamu.

2. Utamakan pilihan yang sehat

Jadilah bijaksana dalam mengambil semua keputusan yang ada hubungannya dengan kesehatan. Jill Emanuele, seorang psikolog klinis di Child Mind Institute merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, dan buat rutinitas yang mencakup aktivitas fisik. 

Perubahan kecil seperti meluangkan waktu untuk berjalan-jalan, melakukan olahraga singkat, dan memilih untuk tidur lebih awal dapat mengurangi stres, dan akan membantu kamu merasa lebih rileks.

3. Menjadi Realistis

Di masa pandemi ini, menjadi realistis adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk menghindari kelelahan dan berharap pada hal-hal yang tak pasti. 

“Perfeksionisme dan covid-19 tak akan bisa bersatu. Maka dari itu, sudah waktunya untuk menjadi sangat realistis, baik di tempat kerja, maupun sebagai orang tua,” ujar David Anderson, seorang psikolog klinis, dikutip dari Child Mind Institute

4. Menetapkan Batasan

Jika kamu punya kerabat, atau kamu tergabung dalam grup chat di WhatsApp atau semacamnya, dan orang-orang dalam grup itu memiliki kebiasaan mengirim berita atau mungkin hoaks yang memicu kecemasan; kamu bisa menjaga jarak. 

Beri tahu mereka bahwa kamu memang punya simpati terhadap kabar yang mereka sebarkan, namun kamu sedang beristirahat dari berita yang mengkhawatirkan tersebut. 

Kamu juga bisa membisukan notifikasi dari mereka, sehingga hidupmu bisa lebih tenang sejenak dari berita-berita yang biasanya mereka kirimkan.

5. Sediakan waktu untuk dirimu sendiri

Menemukan waktu untuk kembali berhubungan dengan hobi yang kamu sukai atau memilih untuk mempelajari keterampilan baru dapat menjadi cara yang bagus untuk perawatan diri.

Selain itu, kamu juga bisa meluangkan waktumu untuk bersantai karena terkadang, pikiran dan tubuhmu hanya perlu istirahat. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan meditasi, dan aktivitas penyegaran lainnya seperti yoga, ataupun long baths untuk melepaskan tekanan di hari-harimu. 

Self-care mungkin tidak terlihat seperti prioritas, namun itu tidak benar. Ketika kamu bersikap baik terhadap diri kamu sendiri, maka kamu akan bisa tetap tenang selama masa sulit ini. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan untuk menjaga keluargamu dengan baik. 

Ketika kamu memprioritaskan kebutuhanmu untuk bisa merawat diri sendiri di tengah kesibukan yang kamu miliki sekarang, artinya kamu telah mempersiapkan dirimu secara emosional dan fisik, sehingga kamu bisa menawarkan kenyamanan dan perhatian kepada orang lain khususnya keluargamu sendiri. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Ungkap 63 Persen Konsumen di Indonesia Menganggap Kesehatan Mereka Kurang Ideal
Artikel Selanjutnya
No Bra Day: Pengingat Perempuan untuk Mencegah Kanker Payudara dan Tren Tanpa Bra Meningkat Selama Pandemi