Sukses

Parenting

7 Tips agar Anak Tumbuh dengan Bahagia

Fimela.com, Jakarta Kita sering mendengar orangtua mengatakan keinginan terbesar mereka untuk anak-anak mereka adalah agar mereka bahagia dan aman. Dan tak heran jika orangtua melakukan cukup banyak usaha untuk membuat anak mereka merasa terlindungi, berharga, dan dicintai. Mengetahui betapa pentingnya kebahagiaan bagi anak-anak, berikut adalah beberapa tips untuk membuat anak-anak lebih bahagia di di usia mereka.

1. Jika orangtua bahagia maka anak akan bahagia

Jadilah panutan untuk kebahagiaan. Hal ini sangat penting jika menyangkut pandangan pribadi tentang kehidupan. Orangtua yang menunjukkan optimisme lebih cenderung memiliki anak yang optimis. Begitu juga saat orangtua menunjukkan sikap yang bahagia maka anak-anak pun juga akan bahagia.

2. Orangtua harus menunjukkan dukungan

Cintai anak dan tunjukkan kepada mereka semua kasih sayang yang dimiliki untuk mereka. Sangat penting untuk memeluk mereka, berbicara dengan mereka dan tahu apa yang mereka alami setiap harinya.

3. Mendorong anak untuk melakukan apa pun

Penting bagi anak-anak untuk mencoba hal-hal baru dan menjadi orang tua yang memberi semangat adalah motivasi yang hebat. Bekerja dengan anak untuk melihat apa kemampuan mereka yang sebenarnya. Tunjukkan penghargaan dan tunjukkan betapa bahagianya orangtua dengan kehadiran mereka.

4. Mengajarkan anak bersosialisasi

Ketika anak-anak memiliki kesempatan untuk bermain dengan anak-anak lain seusianya, mereka mampu membangun hubungan dan mulai memahami dasar-dasar persahabatan. Bekerja dengan anak untuk membantu mereka menjelajahi dunia dan belajar tentang orang-orang di dalamnya. Saat melakukan ini dengan anak, pastikan untuk mencontoh tindakan murah hati dan perilaku baik sehingga mereka mempelajari perilaku yang sama.

5. Ajarkan anak cara menunjukkan emosi

Ketika berbicara tentang anak, penting untuk membiarkan mereka melihat ketika orangtua bahagia dan sedih. Ini membantu anak mengembangkan empati terhadap orang lain dan memberi tahu mereka bahwa mereka berhak atas emosi mereka.

6. Terapkan rutinitas

Penting untuk menetapkan rutinitas harian bersama mereka. Ini membantu anak agar merasa percaya diri dan aman karena mereka mulai memahami manajemen waktu dan organisasi. Penting untuk tetap berpegang pada rutinitas ini agar dapat diprediksi, tetapi pastikan untuk menambahkan ruang untuk fleksibilitas sesuai kebutuhan.

7. Kenali perasaan anak

Pastikan untuk menghabiskan waktu bersama mereka untuk berbicara dengan mereka tentang bagaimana perasaan mereka dan menjelaskan mengapa mereka merasa seperti itu. Pastikan untuk menghiburnya saat dia sedih; pastikan untuk memeluknya dan berbicara dengan lembut dan tenang untuk menunjukkan bahwa orangtua ada di sana untuk mereka.

Semestinya anak-anak tumbuh dengan perasaan bahagia tanpa tekanan dan tuntutan. Anak-anak tak harus dipaksa untuk pintar dalam semua bidang, harus selalu rangking di kelas atau harus setara dengan teman-teman yang lainnya. Karena yang terpenting adalah masa kanak-kanak dilaluinya dengan perasaan bahagia.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading