Sukses

Parenting

9 Kalimat yang tidak Boleh Diucapkan Orangtua pada Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan anak tumbuh dengan perilaku yang baik. Namun terkadang, tanpa disadari orangtua mengatakan sesuatu yang kurang pantas diucapkan.

Hal ini tentu bisa berdampak pada tumbuh kembang anak jangka panjang. Beberapa kalimat tertentu dapat menyakiti perasaannya dan membuatnya kurang percaya diri.

Lantas, seperti apa saja kalimat yang tidak boleh diucapkan orangtua pada anak? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini selengkapnya.

1. “Kenapa kamu tidak bisa seperti saudaramu?”

Membandingkan anak hanya akan membuat buah hatimu tidak merasa percaya diri. Terutama jika membandingkan anak dengan saudara lainnya, hal ini bisa menimbulkan perpecahan dan konflik antara saudara.

"Ini dapat menyebabkan seorang anak percaya bahwa mereka tidak cukup baik pada intinya, dan bahwa siapa mereka, cacat dalam beberapa hal," kata psikoterapis Shirley Porter , RSW, dikutip dari bestlife.

 

2. “Percepat!”

Mungkin perilaku anak-anakmu kerap membuat frustasi, tetapi menyuruh mereka untuk bergegas sebenarnya tidak akan memotivasi mereka

"Frasa ini menciptakan lebih banyak stres dan kecemasan pada anak-anak, yang kemungkinan besar sudah melakukan yang terbaik untuk menemukan sepatu mereka untuk keluar dari pintu," kata Rees.

3. “Berhentilah menangis”

Memberitahu anak-anak untuk berhenti menangis membuat mereka merasa salah karena menunjukkan emosi. Akibatnya, anak akan cenderung menutup diri dan enggan menunjukkan perasaannya pada orang tuanya.

“Frasa ini membingungkan bagi mereka, karena mereka merasa bahwa menunjukan emosi tidak baik. Akibatnya, anak akan cenderung menutup diri dan tak lagi menunjukkan perasaanya padamu,” jelas psikolog klinis Danielle Harris.

Alih-alih berkata demikian, coba katakana “Ada apa? Kenapa kamu menangis?” dengan cara yang lembut. Dengarkan masalahnya, bukannya menghakiminya.

4. “Kamu seharusnya melakukan lebih baik”

Tentu, anak kamu bisa mendapatkan nilai A daripada B+, tetapi memberi tahu mereka bahwa upaya mereka tidak cukup dapat membuat mereka merasa buruk tentang kemampuan mereka. Buah hatimu akan merasa kecewa dan tidak dicintai.

"Jauh lebih baik untuk mengirim pesan cinta tanpa syarat sehingga anak-anak kamu tahu bahwa kamu mencintai mereka apa pun yang terjadi, dan kamu percaya bahwa mereka melakukan yang terbaik yang mereka bisa," kata Bronstein, pakar hubungan.

5. “Aku tidak akan melakukan itu jika aku jadi kamu”

Kalimat ini bisa berdampak pada anak jangka panjang, terutama dalam mengambil keputusan. Si kecil akan merasa takut ketika mengambil keputusan. Sebab, ia selalu merasa keputusan yang diambilnya salah.

“Ini mengirimkan pesan bahwa anak tidak memiliki kemampuan pengambilan keputusan dengan baik,” kata Bronstein.

6. “Dasar pemalas!”

Apakah anak-anak sering bertindak malas? Tentu. Namun, memberi tahu seorang anak bahwa mereka pada dasarnya malas hanya akan membuat mereka merasa tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengubahnya.

"Orang tua tidak boleh memberi label pada anak mereka," kata konselor bersertifikat nasional Katheryn Ely, JD. "Ini dapat digunakan oleh anak untuk membentuk gambaran atau identitas dirinya yang meninggalkan begitu banyak bagian lain dari siapa anak itu,"

7. “Aku kecewa padamu”

Sebanyak kekecewaan adalah perasaan yang sangat valid, kata ini saja bisa sangat melukai. Banyak orang benar-benar tumbuh dengan keyakinan bahwa mereka mengecewakan keluarga mereka karena mereka tanpa berpikir diberitahu hal ini sepanjang hidup mereka. 

Alih-alih demikian, coba katakan: “Aku tidak senang dengan perilakumu. Jadi tolong jangan diulangi lagi ya,”

8. “Jangan makan itu atau kamu akan menjadi gemuk”

Citra tubuh adalah hal yang sangat sensitif dan pribadi dan untuk menciptakan kesan ini dari usia yang rentan seperti itu bisa merusak kepercayaan dirinya.

Alih-alih demikian, kamu mengatakan: “Aku rasa tidak baik untuk memakannya secara berlebihan, karena bisa berdampak buruk untuk kesehatanmu,”.

9. “Aku berharap kamu tidak pernah dilahirkan”

Tidak peduli seberapa frustasi kamu dengan anak, kamu tidak boleh mengucapkan kalimat ini. Mengatakan kepada mereka bahwa berharap mereka tidak dilahirkan membuatnya merasa tidak dicintai.

“Aku memiliki klien yang pernah diberitahu tentang hal ini dari orangtuanya, akibatnya ia menjadi terluka seumur hidupnya,” kata Karen R. Koenig, psikolog klinis.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading