Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian orang, menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Untuk itu, eduakasi menabung sejak dini sangat penting dilakukan agar membentuk pola kebiasaan bagi anak untuk menentukan kehidupan dan pencapaiannya di masa mendatang. Namun pada usia berapa sebaiknya orangtua mengajari anak tentang menabung?

Menurut penelitian dari Universitas Cambridge, orangtua sudah bisa mengajari anak-anak tentang menabung sejak usia 3 tahun. Hal ini dikarenakan di usia ini, anak sudah memahami apa itu uang.

Sependapat dengan hal tersebut, Ahli perencana keuangan dan penulis “The Four Money Bears”, Mack Gardner mengatakan bahwa orangtua dapat mengajari empat hal dasar tentang uang pada anak sejak dini.

“Empat hal tersebut adalah cara membelanjakannya, menabungnya, menginvestasikannya, dan memberikannya,” ujarnya kepada CNBC Select. Lebih lanjut, Gardner mengatakan ada banyak manfaat dari mengajarkan anak menabung sejak dini. Berikut, penjelasan selengkapnya.

1. Melatih kesabaran

Para ahli melaporkan bahwa mengajarkan anak tentang uang, termasuk menabung sejak usia dini. Ketika kamu ingin memulai tabungan anak, pastikan kamu membimbing si kecil untuk menyimpan dana yang dimilikinya untuk tujuan tertentu.

Baik untuk membeli mainan, buku, maupun sepatu baru. Dengan begitu, si kecil akan dilatih untuk bersabar saat berusaha mencapai keinginannya atau tujuannya.

2. Lebih bijak dalam mengambil keputusan

Para ahli juga melaporkan, mengajarkan anak menabung dapat mengendalikan keputusan dan fokus mereka. Menabung mengajarkan si kecil bagaimana ia dapat memberikan keputusan yang paling bijak, terutama saat membelanjakan uang.

Mengembangkan kecakapan hidup ini akan membantu mereka nantinya ketika tiba saatnya untuk mengatur keuangan mereka. “Jika setiap anak dapat memahami sejak usia dini apa pilihan mereka dengan uang, maka 15 tahun dari sekarang mereka mungkin membuat pilihan yang berbeda,” kata Gardner.

3. Lebih menghargai uang

Mengajari anak tentang pentingnya menabung membuat mereka lebih menghargai uang yang mereka peroleh. Dengan menabung, kita mengajarkannya bahwa uang harus dihargai dan menjauhkannya dari sifat menghambur-hamburkan uang.

Setelah uang tersebut berhasil terkumpul, pastinya anak akan memikirkan ulang apakah keinginannya tersebut penting untuk dipenuhi atau tidak. Sebab dengan menabung, buah hatimu akan tahu bagaimana sebuah jerih payah mengumpulkan uang, sehingga ia akan lebih bijak menggunakannya.

4. Membiasakan anak disiplin dalam menabung

Bagi sebagian orang, menabung adalah hal yang sulit dilakukan. Untuk itu, mengajari anak menabung sejak dini dapat membiasakannya disiplin menabung.

Untuk memotivasinya menabung, kamu tidak perlu memberikan patokan jumlah tabungan tertentu. Berikan ia reward setelah si kecil berhasil menabung berapa pun itu.

5. Mengajarkan anak memiliki dana darurat

Dana darurat sangat penting dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Sebab, kita tak akan tahu aka nada hal apa yang terjadi di masa yang akan datang.

Salah satunya seperti situasi Pandemi COVID-19 saat ini, menyiapkan dana darurat sangat penting agar siap hadapi situasi yang genting.

#Elevate Women

PLAYLIST VIDEO 2 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menabung di Masa Pandemi untuk Kamu Pemilik Keluarga Kecil
Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Menunggu Punya Target atau Alasan Tertentu untuk Menabung