Sukses

Parenting

Menurut Penelitian, Anak Sukses Punya Orangtua yang Sering Lakukan Ini

Fimela.com, Jakarta Kesuksesan anak seringkali didukung oleh cara mendidik orangtuanya di rumah. Hubungan baik antara orangtua dan anak berperan sangat penting dalam hal ini. Ketika orangtua menerapkan kebiasaan tertentu kepada anak, sedikit banyak itu akan membentuk cara akan menjalani hidup dan menghadapi duni, termasuk jika orangtua rajin terlibat dalam pembelajaran anak setiap harinya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Plymouth dan University of Exeter menemukan bahwa keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak mampu menentukan prestasi akademik anak dan kemampuannya mencapai kesuksesan di masa depan.

Pentingnya temani anak belajar

Penelitian yang diterbitkan dalam Education Endowment Foundation ini menunjukkan bahwa orang tua yang sering membantu anak di rumah memahami materi pelajaran yang didapat di sekolah ternyata mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap mata pelajaran dan mengembangkan kecerdasannya.

Kegitan sederhana seperti menemani anak belajar, mengajarkan materi baru, membacakan untuk mereka, mendengarkan mereka membaca, membantu mereka belajar huruf, angka, lagu, mengenal sajak anak-anak, dan berinteraksi secara positif dengan mereka terbukti mampu mengembangkan kognitif anak lebih baik dibandingkan orangtua yang tidak pernah menemani anak belajar.

Penelitian dari Inggris ini juga menemukan bahwa ketika anak-anak lebih besar, mereka berprestasi lebih baik di sekolah dan menunjukkan keterlibatan aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran di sekolah. Semua ini sangat membantu kesuksesan anak di masa depan karena ia merasa belajar menjadi hal yang menyenangkan.

Jadi, jangan abaikan memantau bagaimana anak-anak mengerjakan PR di rumah atau menemaninya belajar ya Moms, karena ternyata sikap ini sangat membantu anak dalam mencapai kesuksesan di masa depan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading