Sukses

Parenting

Pakar Sebut Memberikan ASI Ekslusif 2 Tahun Bisa Menghemat Biaya Hingga Rp600 Juta

Fimela.com, Jakarta Di awal masa kehidupan, ASI menjadi sumber nutrisi paling penting bagi bayi. Tidak hanya memberikan nutrisi secara lengkap, ASI juga dapat membantu memberikan daya tahan tubuh yang baik bagi bayi di masa pandemi seperti ini.

Sejumlah dokter anak dan ahli gizi menyarankan seorang ibu untuk memberikan ASI ekslusif selama dua tahun. Sehingga pertumbuhan bayi dapat berlangsung secara maksimal dengan pemenuhan gizi yang cukup.

Fakta menariknya, ASI tidak hanya baik bagi tumbuh kembang anak, melainkan juga dapat membantu orangtua dari segi finansial. Bahkan dengan ASI, orangtua dapat mempersiapkan dana pendidikan anak yang terbilang cukup besar.

Financial Planner dan CEO ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie menyebutnya dengan istilah matematik ASI. Dalam matematik ASI, biaya yang tadinya digunakan untuk membeli susu formula pada anak bisa dialihkan menjadi dana tabungan pendidikan anak.

 

Selisih biaya ASI ekslusif dengan yang tidak

"Kalau berdasarkan pengalaman saya dengan dua anak, selisih dari yang ASI ekslusif dengan yang tidak itu bisa Rp600 juta. Sekarang rasanya receh. Penghematan yag dilakukan kemudian diinvestasikan, perkembangan dananya bisa sampai ratusan juga," ungkap Prita Hapsari Ghozie.

Prita juga menjelaskan kedisplinan sang ibu dalam menyisihkan uang yang tadinya untuk susu formula juga penting. Dengan memiliki kemampuan mengalokasikan dana susu formula menjadi dana tabungan pendidikan anak bisa menjadi cara ibu untuk berinvestasi meski tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Ngga bekerja ngga apa-apa, tapi bisa aktif ASI untuk investasi anak," tutup Prita.

 

Cara memperlancar produksi ASI

Lalu bagaimana dengan ibu yang kesulitan memproduksi ASI? Prita menyebut ibu bisa pandai memilah apa yang harus dibeli. Salah satunya adalah suplemen booster, seperti Asimor, agar ASI-nya lancar.

Asimor menjadi sangat berguna untuk memecah permasalahan kelancaran ASI, kuantitas, dan kualitas ASI itu sendiri. Ia tidak hanya memperlancar keluarnya ASI melainkan juga meningkatkan produksi ASI. Dari segi kualitas akan lebih baik karena mengandung bahan baku yang cukup lengkap.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Viral ASI Wanita Ini Berubah Warna Jadi Pink, Apa Penyebabnya?
Artikel Selanjutnya
Rahasia Raditya Dika Mengelola Keuangan hingga Rp1 Miliar