Sukses

Parenting

7 Cara Mencuci Peralatan MPASI agar Bersih dan Higienis

Fimela.com, Jakarta Saat bayi memasuki usia 6 bulan, bayi bisa diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI. Untuk membuat MPASI, mom harus memilih bahan makanan yang bernutrisi, dan menggunakan alat-alat yang steril.

Agar tetap menyehatkan, Sahabat Fimela harus membersihkan dan merawat peralatan MPASI, menggunkan cara dan teknik yang benar. Hal ini bisa membuat peralatan MPASI terhindar dari jamur, bakteri atau kuman yang menempel pada peralatan MPASI.

Cara mencuci peralatan MPASI juga harus diperhatikan, agar tidak merusak peralatan MPASI. Berikut cara mencuci peralatan MPASI, dilansir dari beberapa sumber:

 

Cara Mencuci Peralatan MPASI

1. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Sebelum memegang peralatan MPASI, lebih baik untuk mencuci tangan dulu. Karena ada banyak bakteri yang menempel di tangan, dan bisa berpindah ke peralatan MPASI. Cucilah tangan dengan sabun sampai bersih, pastikan sela-sela jari dan kuku bersih dari kuman dan bakteri.

2. Lepaskan Semua Komponen

Pada peralatan MPASI, terdapat beberapa komponen yang menempel dan bisa dilepas. Komponen ini harus dilepas sebelum dicuci, agar seluruh bagian peralatannya tercuci dengan bersih. Sebagai contohnya botol susu, kamu harus melepas tutup dan karetnya untuk membersihkannya sampai bersih.

3. Gunakan Sabun Bayi

Berbeda dengan peralatan makan orang dewasa, sebaiknya peralatan MPASI dibersihkan menggunakan sabun cuci khusus untuk peralatan bayi. Sabun cuci khusus bayi memiliki kandungan yang aman digunakan untuk bayi, seperti tidak mengandung deterjen, hypoallergenic, terdapat kandungan anti bakterial, tidak mengandung alkohol, dan tidak mengandung parfum.

4. Pakai Sikat Khusus

Peralatan MPASI memiliki bentuk yang kecil, dan biasanya digunakan untuk makan makanan yang mudah menempel. Untuk membersihkan bagian yang susah dijangkau, lebih baik gunakan sikat khusus untuk membersihkan peralatan makan bayi. Gosok menggunakan sikat secara perlahan dan hati-hati, agar tidak merusak bagian dalam pada peralatan MPASI.

Cara Mencuci Peralatan MPASI Selanjutnya

5. Bilas dengan Air Mengalir

Cara mencuci peralatan MPASI yang selanjutnya, yaitu mencuci peralatan dengan air yang mengalir. Air yang mengalir lebih higienis atau steril, dibandingkan dengan air yang sudah ditampung dalam bak. Karena air tampungan sudah tercampur dengan kuman atau bakteri, bahkan kotoran dari peralatan makan lainnya. Air tampungan kurang higienis jika digunakan untuk mencuci peralatan MPASi.

6. Rendam dengan Air Hangat

Setelah mencuci semua peralatan MPASI, lebih baik rendam peralatan MPASI dengan air yang hangat sebentar saja. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri, yang masih menempel dalam peralatan MPASI setelah dicuci. Sebenarnya tidak perlu merebus peralatan MPASI. Karena merendam peralatan di air hangat selama 5menit, sudah cukup efektif untuk membunuh bakteri dan kuman.

7. Gunakan Alat Sterilisasi

Cara yang terakhir, yaitu memasukkan peralatan MPASI yang sudah dicuci bersih, ke dalam mesin sterilisasi yang dilengkapi dengan teknologi double blower dan PTC Heater. Suhu panasnya bisa membunuh kuman dan bakteri secara merata. Cara ini bisa menggantikan langkah merendam alat makan dengan air hangat.

Cara Menyimpan Peralatan MPASI

Setelah mencuci peralatan MPASI dengan bersih dan higienis, Mom harus memperhatikan cara penyimpanan alat makan bayi dengan benar. Agar peralatan tetap awet, terhindar dari jamur atau bakteri, dan tetap higienis saat digunakan bayi untuk makan.

Untuk menyimpan peralatan MPASI, usahakan untuk memisahkan peralatan makan bayi dengan peralatan lainnya. Kamu bisa menaruh peralatan MPASI dalam lemari yang kedap udara, dan dilapisi dengan plastik wrap atau tempat rak khusus untuk menaruh peralatan bayi. Pastikan tempat peralatan MPASI sudah dipasangkan kembali dan tidak terpisah.

Hal in ini dilakukan, agar peralatan makan bayi tidak terkontaminasi dengan bakteri atau kuman, yang menempel pada peralatan makan orang dewasa. Selain itu, menyimpan peralatan MPASI di rak bisa menyebabkan debu menempel dan dihinggapi oleh serangga, yang membuat peralatan menjadi tidak higienis lagi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading