Sukses

Parenting

6 Tips Tepat Memilih Peralatan Makan untuk Bayi

Fimela.com, Jakarta Saat bayi mulai tubuh, kebutuhan mereka pun juga terus berkembang. Salah satu transisi paling penting yang terjadi ini di mana selera dan preferensi individu anak mulai berkembang. Pada fase ini, bayi akan diperkenalkan dengan rasa dan tekstur baru secara bertahap yang membantunya memperoleh sikap positif dan menyenangkan terhadap makanan sehingga anak memiliki kebiasaan makan yang sehat dan benar.

Bayi akan belajar cara makan yang baru dengan transisi menyusui ke belajar minum dari cangkir dan menelan makanan memakai sendok. Sebagai orangtua, tentu ingin membuat anak merasa senang dalam proses transisi ini dengan mengenalkan cangkir serta peralatan makan kepada mereka.

Dengan demikian, memilih produk yang telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan anak menjadi penting. Dilansir Indian Express, Rabu (3/11/2021), berikut sejumlah tips untuk memilih cangkir dan peralatan makan untuk si kecil.

Mencari produk yang sesuai usia anak

Pilihlah peralatan makan dan cangkir yang memiliki berat, ukuran dan bentuk yang tepat sehingga bayi dapat memegangnya dengan mudah menggunakan tangan mungilnya tersebut. Dengan begitu, bayi dapat makan dan minum dengan mudah serta nyaman. Usahakan produk dapat menarik perhatian si kecil.

Cangkir berbahan silikon lembut

Saat memilih cangkir sippy pertama untuk bayi, pastikan cangkir tersebut memiliki bahan silikon lembut di atas cangkir yang keras agar membantu transisi yang mudah dari menyusui ke cangkir pertamanya. Kini, terdapat beberapa merek berkualitas tinggi yang menawarkan silikon yang lembut di gusi bayi yang masih sensitif.

Cangkir memiliki pegangan yang dapat disesuaikan

Sesuai dengan kebutuhan bayi, disarankan untuk mencari cangkir yang memiliki pegangan yang dapat dilepas dan mudah dipegang sehingga bayi bisa dengan mudah dan nyaman untuk memegangnya. Hal ini pun dapat membantu si kecil mengembangkan keterampilan motorik.

Gelas BPA-free anti tumpah 

Ingatlah untuk selalu memilih cangkir yang anti tumpah. Dalam memilih produk pada tahap yang berbeda selama fase penyapihan bayi harus spesifik. Untuk bayi diatas usia enam hingga delapan bulan, carilah cangkir yang memiliki bahan tahan gigitan. Sementara, untuk bayi yang aktif diatas 12 bulan, pilih cangkir yang ideal dengan dilengkapi sedotan dan memiliki kapasitas isolasi untuk menahan suhu cairan lebih lama.

Sendok miring guna bayi belajar makan sendiri

Ketika memilih sendok pertama bayi, pastikan sendok tersebut sesuai dengan usianya. Pada umumnya, sendok berbentuk miring ini diperuntukkan bagi bayi usia enam bulan keatas. Hal ini bertujuan agar sendok miring dapat membantu menyederhanakan gerakan anak saat mereka mulai makan sendiri.

Peralatan makan BPA-free berwarna-warni 

Cobalah untuk memilih peralatan makan si kecil tidak hanya dari segi produk yang sesuai dengan usia bayi, namun juga mempertimbangkan bahannya. Gunakan sendok dan garpu yang terbuat dari bahan silikon BPA-free yang lembut dan tidak melukai gusi bayi. Pilih peralatan makan berwarna-warni yang dirancang khusus bagi bayi sehingga waktu makan lebih menyenangkan dan mendorong si kecil untuk makan sendiri.

Menyaksikan si kecil tumbuh dengan belajar makan dan minum untuk pertama kalinya menjadi salah satu momen bersejarah bagi para orangtua. Oleh karena itu, seiring perkembangan bayi, dukunglah anak dengan memilih produk peralatan makanan yang sesuai dengan usia dan keterampilan yang dapat membantu mereka belajar.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi Rekomendasi Ahli
Artikel Selanjutnya
Trik Siasati Stres yang Dialami Para Orangtua selama Masa Pandemi COVID-19