Sukses

Parenting

Mudah dan Aman! Ini Cara Merawat Kulit, Rambut dan Kuku pada Bayi Baru Lahir

Fimela.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi para tiap orangtua. Dengan demikian, orangtua tentu mempersiapkan sedemikian rupa untuk kebutuhan bayi yang baru saja lahir. Merawat kuku, rambut dan kulitnya yang masih lembut dan tampak menggemaskan ini harus tetap terjaga kesehatannya.

Bagi orangtua, terkadang merawat kulit, rambut dan kuku bayi ini menjadi menakutkan. Meski demikian, janganlah khawatir. Dr. Kachiu Lee selaku dokter kulit mengatakan, “Dengan tangan dan kaki mungil mereka, bayi bisa terlihat sangat rapuh dan rentan. Namun, bayi lebih tangguh dari yang dikira sehingga orangtua dapat menjaga kebersihan yang baik untuk bayi jika mengikuti beberapa panduan umum,” jelasnya.

Dilansir US News, Kamis (4/11/2021), menurut seorang ahli dari American Academy of Dermatology, terdapat sejumlah langkah sederhana yang bisa merawat kesehatan kulit, rambut dan kuku pada bayi yang baru lahir. Berikut cara-cara mudah dan aman yang dapat diterapkan oleh orangtua.

Bersihkan saat Mandi dan Rajin Mengganti Popok

Jaga kebersihan bayi dengan memandikannya secara lembut dua hingga tiga kali seminggu. Lakukan mandi dengan spons hingga tali pusar bayi terlepas dan sembuh. Kemudian, gunakan air hangat dan sabun serta shampoo bayi yang lembut dan bebas pewangi. Oleskan sabun hanya pada area yang kotor, seperti di leher dan area popok, lalu bilas hingga bersih.

Meski hanya basah, gantilah popok kotor sesegera mungkin. Hal ini untuk mencegah ruam dari popok tersebut. Jika ruam terus berkembang, berhati-hatilah saat membersihkan area popok.

Mencuci Pakaian

Guna menghindari bakteri dan kuman yang mudah menyerang si kecil, rajinlah untuk mencuci pakaian dan berbagai perlengkapan tidurnya. Cuci selimut, seprai, dan pakaian bayi sebelum dan sesudah digunakan dengan menggunakan deterjen bebas pewangi.

Merawat Kuku

Agar mencegah goresan, potonglah kuku bayi setiap kali kukunya telah bertumbuh dan tajam. Gunakanlah gunting kuku khusus bayi. Caranya adalah dengan memegang semua jarinya dengan lembut dan gunting kuku bayi satu persatu serta mengikuti bentuk kuku. Lakukan ini selama dua kali seminggu.

Perlindungan Matahari

Perlindungan matahari menjadi perlindungan terbaik bagi bayi. Orangtua bisa menggunakan payung, kanopi atau tudung kereta dorong saat sedang berjemur. Si kecil dapat memakai baju lengan panjang, celana, topi bertepi lebar dan kacamata hingga dengan perlindungan sinar UV.

Disarankan untuk penggunaan tabir surya minimal bagi anak di bawah usia 6 bulan. Mengoleskan sedikit tabir surya ke semua kulit yang tidak tertutup oleh pakaian pun tidak masalah. Gunakan tabir surya dengan perlindungan yang tahan air dan SPF 30 atau yang lebih tinggi. Tabir surya yang mengandung titanium dioksita cenderung aman karena tidak mengiritasi kulit sensitif bayi.

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku bayi sangatlah penting. Jangan sampai momen ini terlupakan, sebab akan ada masanya orangtua merindukan masa kecil sang buah hati.

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Aktivitas Sederhana Untuk Stimulasi Kecerdasan Bayi Rekomendasi Ahli
Artikel Selanjutnya
60 Nama Unik Bayi Perempuan yang Artinya Cantik, Cerdas, dan Beruntung